GOWES UMN, Galakan Kurangi Emisi Karbon

oleh -
Rektor UMN Ninok Leksono (kiri) didampingi Para Wakilnya Mencoba GOWES. foto : ist

Palapanews.com – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) berkomitmen untuk terus memberikan sumbangsih yang baik bagi lingkungan. Salah satunya adalah pengurangan emisi karbon dari kendaraan bermotor.

Hal tersebut disampaikan Rektor UMN Ninok Leksono saat peresmian GOWES di Lobby UMN pada Jumat (21/2). Sebagai upaya pengurangan emisi karbon tersebut, UMN menjalin kerjasama dengan GOWES, yaitu layanan berbagi sepeda berbasis aplikasi.

Kerjasama tersebut diresmikan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Ika Yanuarti dan Direktur Utama PT Surya Teknologi Perkasa (STP) Iwan Suryaputra di Ruang Annex, PK Ojong–Jakob Oetama Tower UMN.

Melalui kerjasama ini, Ika berharap mahasiswa bisa berpartisipasi mengurangi jejak karbon, mahasiswa bisa ikut berpartisipasi, bisa ikut bersepeda untuk mengurangi jejak karbon, selain itu mahasiswa juga menjadi sehat.  “Saya berharap mahasiswa mau bersepeda baik itu ke tempat yang dekat maupun yang jauh namun masih terjangkau dengan sepeda,” tegas Ika.

Sementara itu, pihak GOWES merasa bangga dan berterima kasih karena UMN menyambut mereka dengan sangat baik. “Kami berharap hadirnya GOWES dapat mendukung aktivitas seluruh sivitas akademika UMN sebagai green campus, mempermudah mobilitas dan tentunya mendorong gaya hidup yang lebih sehat,” kata Iwan.

Terdapat tiga produk GOWES di UMN, diantaranya sepeda, sepeda listrik (e-bike) dan otoped listrik (e-scooter). Sivitas akademika UMN dapat menggunakan layanan ini tanpa dipungut biaya hingga akhir Februari. Namun mulai 1 Maret, layanan GOWES akan dikenakan biaya berkisar Rp 3.000 hingga Rp 7.500 per jam, tergantung jenis kendaraan yang digunakan.

Para pengguna tidak perlu melakukan pengembalian GOWES ke titik tertentu. Pengguna dapat meninggalkannya di mana saja selama masih di dalam area operasional GOWES. Selain di UMN, tempat parkir GOWES juga terdapat di Dormitory UMN, Apartemen Scientia Resicence, Summarecon Mall Serpong, dan perumahan di sekitar UMN.

“Kalau tempat parkir itu dari aplikasi kami kelihatan lokasinya di mana saja. Sebenarnya kalau mau pakai produk GOWES di (Apartemen) Scientia bisa parkir saja di tempat parkir motornya. Saya rasa itu tidak masalah. Asal tidak menghalangi ketertiban,” tutup Iwan.

GOWES merupakan salah satu produk dari PT Surya Teknologi Perkasa, perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi. Kerjasama UMN dan GOWES digagas oleh Departemen Kemahasiswaan UMN dan Building Management UMN sebagai gebrakan untuk mengurangi emisi karbon.

Upaya ini sejalan dengan predikat yang diterima UMN, yaitu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) paling hijau di Jakarta tahun 2019 dan Gedung Hemat Energi tingkat ASEAN tahun 2019. (rls/bd)

Komentar Anda

comments