Paparan Radioaktif, 9 Warga Batan Indah Bakal Jalani Tes Kesehatan

oleh -

Palapanews.com- Sebanyak 9 warga Batan Indah akan dijemput untuk dilakukan pemeriksaan di Pasar Jumat, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020). Pemeriksaan tersebut apakah ada paparan radioaktif kepada 9 warga tersebut.

Menurut Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Batan, Heru Umbara proses pemeriksaan sama seperti halnya dengan CT Scan dan akan dibagi dua sesi, yakni lima warga untuk hari Senin (17/2/2020) dan empat warga hari Selasa (18/2/2020).

“Ya besok akan dijemput dilakukan pemeriksaan di Pasar jumat. Cek kesehatan besok 5 orang dulu, lalu Selasa 4 orang. Sama seperti CT Scan, tapi kalau kita Whole Body Counting (WBC) jadi nanti mereka terbaring lalu diperiksa sekitar 20-30 menit untuk diperiksa,” terang Heru, Minggu (16/2/2020).

Untuk hasil pemeriksaan kesehatan warga Batan Indah, diperkirakan baru bisa dilihat 2 sampai 3 mendatang.

“Dan prioritasnya kami disini memang menyelamatkam ini, ingin segera selamatkan ini,” tutur Heru.

Diberitakan sebelumnya, Sekum Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), Hendrianto Hadi Tjahyanto mengkhawatirkan warga Batan Indah, Setu, Tangsel bisa terpapar radiasi nuklir.

Untuk itu, Bapeten akan menjadwalkan pengecekan badan warga Batan Indah khususnya yang berdekatan dengan sumber radiasi nuklir yakni Blok H, Blok I dan Blok J.

“Kami khawatirkan kontaminasi paparan radiasi lari kemana-mana, meski kami sudah melakukan pengukuran air sumur itu hasilnya negatif tidak ada kontaminasi. Tapi karena ada tanaman yang terkontaminasi, kita akan sampling warga terdekat melakukan WBC apakah terkontaminasi atau tidak,” terang Hadi saat melakukan pertemuan dengan warga Batan Indah bersama Kapolres Tangsel, AKBP Iman Setiawan, Sabtu (15/2/2020) kemarin. (nad)

Komentar Anda

comments