Gelaran Art Festival Gaungkan Pendidikan Karakter dan Kearifan Lokal

oleh -
Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie meninjau galeri ketrampilan di Bintaro Jaya Xchange, Sabtu (8/2/2020). Foto: Nad

Palapanews.com- Kekuatan kearifan lokal dan pendidikan karakter terlihat dalam gelaran Art Festival Bertema The Ignite Nusantara, yang digagas Sekolah Pembangunan Jaya (SPJ) di Bintaro Jaya Xchange, Pondok Aren, Tangsel pada 7 hingga 8 Februari 2020.

Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie mengapresiasi kegiatan yang menampilkan pagelaran Nusantara dan pameran hasil karya siswa mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA Pembangunan Jaya.

Menurutnya, Art Festival menjadi moment bagi kebangkitan Kota Tangsel kedepan. Terlebih, 74 persen masyarakat di Tangsel adalah usia produktif. Maka itu, dengan membangun kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) kedepan, pembangunan melalui pendidikan karakter akan lebih banyak mendapatkan porsi.

“Kita bersama-sama membangun pendidikan karakter dengan cara mendukung kegiatan yang kembali kepada kultur budaya Indonesia, contohnya seperti batik dan permainan tradisional. Saya ingin anak-anaklah yang menggali budaya tersebut. Karena pemikiran mereka yang masih murni dan belum terkontaminasi dengan pemikiran lainnya,” ujarnya dalam Pembukaan Art Festival SPJ di Atrium Bintaro Jaya Xchange, Sabtu (8/2/2020).

Lanjut Ben, pembangunan pendidikan yang berhasil adalah pendidikan yang tidak mencabut akar budaya Indonesia. Dirinya pun jsangat mendukung kegiatan sekolah yang memiliki konsep untuk mengangkat kekayaan budaya Indonesia.

“Saya mendukung kegiatan sekolah yang kembali kepada kekayaan khasanah budaya masyarakat Indonesia antara lain batik itu luar biasa. Saya kira ini jalan baik untuk menyeimbangkan pembangunan pendidikan dengan kebudayaan,” tuturnya.

Sementara itu, Plt Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Supriyono mengapresiasi dan mengatakan, sudah seharusnya kekuatan budaya lokal Indonesia dihidupkan kembali.

“Justru kita ini cukup kaya kebudayaan tidak hanya kebudayaan yang dari Barat, justru cikal bakal pendidikan karakter pun sebenarnya sudah digaungkan oleh Ki Hajar Dewantara. Saya rasa ini perlu dibangkitkan model yang seperti ini, sehingga kekuatan lokal atau kekayaan budaya yang kita miliki bisa kita hidupkan kembali,” paparnya.

Karena menurutnya, Indonesia sangat luar biasa akan budayanya. Dengan cara seperti ini, siswa bisa mengenal betapa kayanya Indonesia akan budayanya.

“Disamping itu, dilihat Indonesia luar biasa budayanya, anak-anak harus diperkenalkan kembali seperti permainan tradisional. Justru itu kekuatan Indonesia, mari kita bangkitkan budaya kita dan mengenal betapa kayanya Indonesia,” jelasnya. (nad)

Komentar Anda

comments