Waspada Penyakit Musim Hujan, Ini Imbauan Dinkes Tangsel

oleh -
Ilustrasi. Foto: Net

Palapanews.com- Sebagian besar wilayah di Indonesia sudah memasuki musim penghujan, termasuk Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, mewanti masyarakat untuk mengantisipasi datangnya beragam penyakit bawaan musim hujan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Kota Tangsel, Tulus Muladiyono mengatakan penyakit yang menjadi perhatian Dinkes Kota Tangsel pada musim penghujan, antara lain diare, infeksi saluran pernafasan, kelainan kulit, Demam Berdarah Dengue (DBD) dan cikungunya.

“Untuk DBD, sampai hari ini (15 Januari) sudah ada 20 orang diduga terkena DBD,” kata Tulus menjelaskan kepada wartawan.

Menurutnya, untuk mengetahui ke-20 warga tersebut positif terjangkit DBD harus diuji lewat pemeriksaan laboratorium. Biasanya akan ada peningkatan yang menjadi potensi seperti musim hujan.

Melihat kekhususan di Tangsel ini peluang cukup tinggi. Kondisi ini membuat Dinas Kesehatan setempat mengevaluasi sambil mengantisipasi penyebaran DBD.

“Artinya, perlu dilakukan mengantisipasi cuaca seperti ini PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat) harus sudah dilakukan,” jelas Tulus.

Tahapan dari PHBS perlu menjadi perhatian masyarakat. Paling penting adalah cuci tangan, jaga serta cek kesehatan secara teratur dan istirahat yang cukup.

“Paling menonjol di 2019 sebenarnya di akhir. Artinya itu menjadi musim pancaroba ispa dan diare,” ujar Tulus. (red)

Komentar Anda

comments