Pilkada 2020, KPU Tangsel Prediksi DPT Bertambah

oleh -
Ilustrasi.
banner 300250

Palapanews.com- Selain menyiapkan rekrutmen Panitia Pemilih Kecamatan (PPK), KPU Tangsel juga tengah menunggu turunnya Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) untuk Pilkada Tangsel.

Dari DP4 tersebut nantinya KPU akan menyusun Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada tahun ini. Sedangkan Pemilu 2019 kemarin, jumlah DPT Kota Tangsel sebanyak 839.358 pemilih.

Anggota KP Kota Tangsel Ajat Sudrajat mengatakan, untuk DPT Kota Tangsel nantinya diperkirakan akan ada penambahan data pemilih.

Mengingat jumlah pemilih pemula yang pada Pemilu 2019 kemarin, tidak sempat dimasukan ke dalam pemilih lantaran belum cukup umur ada lebih dari belasan ribu.

“Kemarin itu kan ada pemilih pemula, tetapi karena belum cukup syaratnya sehingga tidak bisa menggunakan hak pilihnya, dan itu dipastikan pada Pilkada ini akan terdaftar sebagai pemilih. Sehingga kami perkirakan ada penambahan data pemilih untuk Pilkada Tangsel,” ungkapnya.

Ajat juga mengatakan, dalam tahapan sampai menjadi DPT nanitnya KPU akan merekrut petugas pemuktahiran data pemilih, yang akan melakukan pencocokan dan penelitian terhadap DP4 yang dikirim oleh KPU RI.

Lanjutnya, DP4 tersebut merupakan data yang didapatkan KPU RI dari Kementrian Dalam Negeri.

“Ketika DP4 sudah turun, kita akan langsung berkoordinasi dengan Kantor Disdukcapil,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, sementara ini syarat utama menjadi pemilih ialah, harus sudah memiliki KTP elektronik di kota masing-masing yang sedang Pilkada. Seperti bagi warga Tangsel yang ingin terdaftar sebagai pemilih tentunya harus memiliki KTP elektronik.

Sedangkan untuk Surat Keterangan (Suket) Ajat mengatakan, masih menunggu aturan lebih lanjut terkait penggunaan Suket untuk mendaftarkan diri sebagai pemilih.

“Mungkin nanti akan ada edaran baru terkait penggunaan Suket. Yang pasti aturan saat ini yang diutamakan ialah KTP elektronik. Dan kami juga mendapatkan kabar bahwa Disdukcapil Kota Tangsel sudah mengajukan permohonan kepada Kementrian dalam Negeri agar pengadaan blanko di Tangsel diutamakan untuk kepentingan Pilkada,” paparnya.

Ketua KPU Kota Tangsel Bambang Dwitoro mengatakan, bahwa yang paling utama dalam penyusunan DPT ini ialah, setiap warga Tangsel yang sudah memenuhi persyaratan sebagai pemilih harus terdaftar.

“Kami akan perjuangkan warga yang memiliki hak pilih agar terdaftar sebagai pemilih di Pilkada tahun ini,” pungkasnya. (nad)

Komentar Anda

comments

banner 300250