Puluhan Ribu Perusahaan di Tangsel Tunggak PBB

oleh -
Ilustrasi. Foto: Ist

Palapanews.com- Sekira 15 persen dari 420 ribu Wajib Pajak (WP) berbadan hukum di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) masih menunggak Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Bahkan, hingga saat ini Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Tangsel fokus melakukan penagihan terhadap WP tersebut.

“Untuk kasus buku lima (WP berbadan hukum) yang menunggu pajak kami gunakan sistem panggil. Kami juga bekerjasama dengan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Tangsel,” ungkap Kepala Bidang Pendapatan Pajak Daerah I Bapenda Kota Tangsel Indri S Yuniandri, Senin (30/12/2019)

Sejak dilimpahkan dari pusat ke pemerintah daerah, tunggakan WP berbadan hukum di Kota Tangsel yang sudah tertagih mencapai Rp200 miliar.

“Kalau WP rumahan yang nunggak ya kami tagih secara door to door,” katanya.

Indri melanjutkan, saat ini dari sektor PBB, pihaknya sudah mengumpulkan Pemasukan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp388 miliar dari target Rp372 miliar.

Sedangkan PAD dari Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sudah masuk Rp560 miliar dari target sebesar Rp470 miliar.

“Tahun depan target PBB naik Rp400 miliar. Secara total, PAD dari sektor pajak di 2020 ditarget sebesar Rp2 triliun,” tambahnya. (nad)

Komentar Anda

comments