Separuh Periode Kepemimpinannya, WH Dianggap Berhasil Membangun Banten

oleh -
Wahidin Halim dianggap berhasil bangun Banten. Foto: Nad

Palapanews.com- Bertema “Evaluasi Akhir Tahun: Mengukur Kinerja Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, Visi Research and Consulting (VISI) menjabarkan survei yang dilakukannya sejak 27 November hingga 6 Desember terhadap kinerja Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH) selama separuh periode kepemimpinannya.

Direktur VISI, Ali Irfani mengatakan survei yang digunakannya menggunakan metode multistage random sampling yang disebar di 4 Kabupaten dan 4 Kota di Provinsi Banten dengan margin error sebesar 2,8 persen serta tingkat kepercayaan 95 persen.

“Hasilnya penilaian positif masyarakat kepada WH ditopang oleh kinerja prima pemerintah Provinsi Banten dalam pelayanan publik,” ujar Ali di Hotel Grand Zuri, Serpong, Tangsel, Kamis (26/12/2019).

Lanjutnya, dari survei itu Pemerintah Banten dinilai memberikan kemudahan dalam pelayanan tiga bidang primer.

“Pertama di bidang pembangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan serta irigasi, kedua memberikan kemudahan akses berbagai kebutuhan dasar seperti air bersih, jaringan listrik, pupuk, gas, bibit dan ketiga kemudahan akses ekonomi dalam hal menjual hasil pertanian. Meski ada catatan soal kesulitan mendapatkan modal usaha,” terangnya.

Data tersebut sejalan dengan temuan, sebesar 33,4 persen responden menilai kondisi ekonomi di Banten baik dan sangat baik.

Demikian pun aspek pelayanan pemerintahan Provinsi Banten, responden menilai sudah sangat baik dan baik (53,8%), sedang (31,2%).

“Hanya 13,5 persen yang menjawab buruk dan sangat buruk,” ucap Ali.

Kemudian dalam bidang politik, keamanan, pelayanan kesehatan, dan penyelenggaraan pendidikan, mayoritas masyarakat Banten menilai kondisinya baik.

VISI juga menemukan fakta bahwa pelayanan kantor pemerintahan yang melayani berbagai urusan sehari-hari masyarakat seperti kantor desa/kelurahan, kecamatan, puskesmas, dinas, dan lain-lain, dinilai sangat baik dan baik (77,6%).

Bahkan, masih kata Ali, VISI menemukan data penting terkait beberapa persoalan yang dianggap urgen dan bagaimana penanganan pemerintah provinsi.

“Untuk mengukur hal tersebut, VISI membuat perbandingan antara Indeks Kinerja dengan Indeks Harapan. Dan data menunjukkan tidak ada gap atau jarak yang terlalu lebar antara keduanya. Ini berarti harapan masyarakat Banten atas berbagai bidang yang dianggap urgen dapat dipenuhi oleh pemerintah Provinsi Banten,” tuturnya.

Dengan demikian, dari data tersebut VISI menyimpulkan kepemimpinan WH selama separuh periode, mayoritas masyarakat Banten menilai kinerja Gubernur Banten sangat atau cukup memuaskan

“Sebanyak 59,1 persen menyatakan puas dan hanya 32,8 persen yang menilai kurang atau tidak memuaskan. Data ini tidak jauh berbeda dengan penilaian kinerja Wakil Gubernur Banten yang dinilai sangat atau cukup memuaskan 52,9 persen,” tutup Ali. (nad)

Komentar Anda

comments