Pemkab Serang Kembangkan Budi Daya Ikan Air Tawar Terintegrasi

oleh -

Palapanews.com – Pemerintah Kabupaten Serang mendorong warganya untuk mengembangkan usaha budi daya ikan air tawar. Hal itu dilakukan dalam upaya meningkatkan ekonomi warga dan agar  terbiasa mengonsumsi ikan.

Tercatat angka gemar makan ikan di Kabupaten Serang masih rendah secara nasional sebesar 47 kilogram perkapita pertahun, sedangkan di Kabupaten Serang baru 26 kilo gram perkapita pertahun.

“Kita ingin dorong supaya kita bisa melewati angka konsumsi ikan secara nasional. Kita kembangkan di sini model kelompok budi daya ikan air tawar secara terintegrasi,” ungkap Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa.

Pandji meninjau budi daya ikan Kelompok Pembudi Daya Ikan (Pokdakan) Tunas Harapan Kampung Amis Barang, Kecamatan Pabuaran, Kamis (19/12/2019).

Budi daya ikan air tawar secara terpadu ini adalah produksi ikan air tawar dari mulai pemisahan, pembesaran, pemeliharan, dan pemasarannya. Selain itu, Pemkab Serang melalui DKPP memberikan bantuan mesin pencetak pakan ikan air tawar asalkan bahan bakunya tersedia.

“Salah satunya membuat ternak cacing untuk diolah sendiri dengan mesin yang ada,” jelas Pandji.

Rencananya, program tersebut akan dilakukan seluruh desa di Kecamatan Ciomas, Padarincang, dan Baros yang potensi saluran airnya bagus.(rls/bd)

Komentar Anda

comments