Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Kebutuhan Pokok Stabil di Kota Tangerang

oleh -

Palapanews.com- Harga barang kebutuhan pokok di Kota Tangerang masih terbilang normal menjelang libur Natal dan Tahun Baru. Mayoritas harga yang dijual di pasar tradisional tidak mengalami kenaikan berarti meskipun permintaan meningkat.

“Harga sembako masih stabil. Namun kami masih akan melakukan pemantauan hingga Tahun Baru,” ujar Auditor Ahli Madya Inspektorat II Kementerian Perdagangan, Malahyati saat meninjau harga kebutuhan pokok di Pasar Anyar Kota Tangerang, Senin, 16 Desember 2019.

Malahyati mengatakan, pemantauan di Kota Tangerang dilakukan di dua titik yaitu Pasar Anyar dan Pasar Ciledug. Gejolak harga ditemukan pada daging ayam dan telur yang mengalami kenaikan sekitar Rp4 ribu.

“Untuk harga beras dan sayuran aman (stabil). Kami akan terus melakukan pemantauan dan berharap kondisi ini terus stabil,” katanya.

Pihaknya juga memuji aplikasi Segar Kota Tangerang yang memungkinkan warga untuk memantau harga secara online.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangerang, Herman Suwarman menuturkan, beberapa komoditi mengalami kenaikan. Namun menurutnya, kondisi tersebut masih lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kami juga melakukan koordinasi dan monitoring bersama kepolisian sejak beberapa hari terakhir. Jika ada lonjakan akibat penimbunan akan kami selidiki,” jelas Herman.

Sementara itu, Satgas pangan Polres Metro Tangerang Kota pun melakukan pengecekan harga di Pasar Anyar dan Pasar Tanah Tinggi di Kota Tangerang. Pengecekan tersebut bertujuan untuk mengontrol harga komoditas sembako jelang libur Natal dan Tahun Baru.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Abdul Karim mengatakan terdapat beberapa komoditi yang sudah terlihat mulai naik harga jualnya, yakni daging ayam, telur, dan beras premium.

“Ada beberapa yang perlu kita waspadai, yaitu ayam dan telur. Ini kalau enggak kita antisipasi bisa terulang lagi kejadian tahun kemarin bisa tembus Rp45-46 ribu,” kata Karim.

Untuk bahan komoditi lainnya seperti bawang merah, bawang putih, cabai, minyak goreng dan lainnya, Karim mengakui juga ada kenaikan. Namun, lanjutnya, kenaikan yang terjadi menjelang Natal dan Tahun Baru pada komoditi tersebut masih diambang batas toleransi atau tidak jauh dari Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Jadi dari pantauan saya secara umum untuk harga minyak goreng, cabai, termasuk bawang merah dan bawang putih rata-rata kenaikan kisaran Rp1.000 sampai Rp2.000 untuk harga digrosirnya,” ungkapnya.

Karim mengklaim stok komoditi selama Natal di Kota Tangerang aman sampai di awal 2020. “Semoga Bulog dapat mengantisipasinya terkait stok kebutuhan pokok,” katanya.

Harga beberapa bahan komoditi di Pasar Anyar Tangerang, Beras IR I Rp11 ribu per kilogram, minyak goreng Rp13 ribu per liter, daging sapi Rp120 ribu per kilogram, daging ayam broiler Rp42 ribu per kilogram, telur ayam Rp2.200 per butir, cabai merah keriting Rp40 ribu per kilogram, cabai merah biasa Rp35 ribu per kilogram, cabai rawit hijau Rp30 ribu per kilogram, bawang merah Rp35 ribu per kilogram dan bawang putih Rp26 ribu per kilogram.(rik)

Komentar Anda

comments