Perubahan Cuaca, Apel Siaga Bencana Digelar

oleh -

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menggelar apel siaga bencana di Lapangan LPKA Tangerang. Apel siaga ini untuk menangani bencana apapun yang terjadi di Kota Tangerang dalam memasuki perubahan cuaca.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, saat ini wilayahnya tetap dalam kondisi siaga karena adanya kerawanan cuaca ektrem, misalnya hujan lebat, angin kencang dan sebagainya.

“Ini yang memang perlu kita antisipasi bersama. Dengan ini (apel siaga), kita melihat kekuatan pasukan. Mudah-mudahan apel siaga ini ditindak lanjuti dengan koordinasi yang lebih intens kaitan antisipasi dan bencana yang mungkin terjadi di Kota Tangerang,” ujarnya, Kamis, 12 Desember 2019.

Arief menjelaskan, bencana yang paling di waspadai di Kota Tangerang itu adalah banjir, angin kencang dan puting beliung. Untuk itu, pihaknya sudah memangkas pohon-pohon dipinggir jalan yang sudah rapuh untuk mengantisipasi tumbangnya mengenai pengguna jalan.

“Kita juga tidak tahu kan, musibah itu rencana tuhan, yang terpenting kita bisa mengantisipasinya melalui ini apel siaga,” katanya.

Arief pun telah memetakan lokasi rawan banjir di wilayahnya. Ada empat wilayah kecamatan yang sering mengalami kebanjiran seperti di Kecamatan Pinang, Kecamatan Karawaci, Kecamatan Cibodas, dan Kecamatan Priuk.

“Titik banjir di Kota Tangerang tinggal empat titik. Keempat wilayah tersebut dilalui Kali Sabi yang memang tengah dilakukan pengerjaan turap,” jelasnya.

Arief mengklaim sudah dua tahun ini pihaknya tidak menerima laporan banjir yang berarti di keempat wilayah tersebut. Saat ini, lanjutnya untuk mengantisipasi semuanya, pihaknya menunggu kelanjutan program pemerintah pusat yaitu pengerjaan turap yang akan dibangun di Kota Tangerang.

Apel siaga ini diikuti ratusan personel gabungan dari Kodim 05/06 TGR, Polres Metro Tangerang Kota, BPBD Kota Tangerang, BMKG Tangerang dan PMI Kota Tangerang.(rik)

Komentar Anda

comments