Lagi, UMN Terpilih Menjadi PTS Paling Hijau di Jakarta 2019

oleh -
Taman depankampus UMN. foto : ist

Palapanews.com – Berdasarkan riset UI GreenMetric World University Rankings 2019, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) meraih peringkat ke-13 universitas paling hijau dan ramah lingkungan di Indonesia dan peringkat ke-213 di dunia.

Pencapaian tersebut kembali menjadikan UMN sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) paling hijau di Jakarta. Menanggapi hal tersebut, Wakil Rektor II UMN Andrey Andoko menjelaskan bahwa UMN terus berkomitmen membangun kampus yang hijau dan ramah lingkungan, terbukti skor penilaiannya selalu meningkat.

“Sebagai sumbangsih bagi pelestarian lingkungan, UMN terus berkomitmen membangun kampus yang ramah lingkungan dan mempertahankan prestasinya sebagai kampus hijau di tingkat nasional dan dunia. Dari tahun ke tahun, skor UMN selalu naik. Tahun lalu, kami mendapatkan skor 5.375 dengan peringkat ke-248 dunia. Sedangkan tahun ini skornya naik menjadi 6.025 dengan peringkat ke-213 dunia,” jelas Andrey.

Adapun kriteria penilaian dalam UI GreenMetric Tahun 2019 meliputi infrastruktur, energi dan perubahan iklim, penanganan sampah, pengolahan air, penataan transportasi, serta riset dan edukasi. Berbagai upaya telah dilakukan UMN untuk membangun kampus yang hijau.

UMN Gedung Roof Garden. foto : ist

“Kami membuat kampus dengan pepohonan yang rindang dan gedung yang hemat energi. Kami juga meningkatkan edukasi kepada seluruh sivitas akademika UMN agar turut aktif dalam penghematan energi dan riset terkait, serta meningkatkan aktivitas pengelolaan air dan sampah, sehingga bisa dipilah-pilah dan didaur ulang,” lanjut Andrey.

Serupa dengan Andrey, Building Manager UMN Sudarman Sutanto mengajak seluruh sivitas akademika UMN untuk berperan serta dalam menjaga lingkungan kampus dan meningkatkan skor UI GreenMetric. Ia menargetkan UMN masuk ke jajaran sepuluh besar nasional pada tahun depan.

“Seluruh sivitas akademika UMN, mari bersama kita tingkatkan lagi skor penilaian UI GreenMetric di tahun mendatang. Kami berkeinginan untuk masuk 10 besar nasional,” tutup Sudarman. (rls/bd)

Komentar Anda

comments