Dunia Estetik Medik Makin Menggeliat di Indonesia

oleh -

Palapanews.com- Tren dunia Estetik Medik di Indonesia terus mengalami kenaikan. Saat ini kualitas tenaga kedokteran Indonesia di bidang tersebut pun tak kalah dari Korea Selatan yang menjadi trend setter di bidang estetik.

Chief Advisory Board of Double Fix dr Teguh mengatakan, saat ini Indonesia mulai maju dan dikenal, khususnya pada negara Asia Pasifik untuk bidang estetik.

“Saat ini menurut database kami ada lebih dari 1.500 klinik pratama yang bekerja di bidang estetika, untuk itu perkembangan dunia estetik medik di Indonesia sangat maju,” ujarnya di Internasional Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang, Minggu, 8 Desember 2019.

Teguh menambahkan, bahkan sudah terdapat banyak dokter baik di daerah tujuan wisata mancanegara maupun di Ibukota yang sudah memiliki pelanggan dari luar negeri.

“Dokter-dokter di Indonesia banyak yang memiliki kapabiliti, di Bali dan Jakarta juga banyak klinik-klinik yang memiliki pasien dari Cina, Singapura. Jadi dari upaya ini kami akan terus merapatkan barisan untuk mengembangkan diri agar menjadi pagar melayani masyarakat,” jelasnya.

Teguh menjelaskan, di bidang kecantikan sangat mengedepankan dua hal. Pertama mengedepankan evidance base medicine, yang artinya tindakan estetik harus punya basis penelitian tidak lagi menggunakan teknologi atau produk yang tidak ada basis ilmiahnya. Kedua adalah passting safety jadi mengutamakan keamanan pasien.

“Jadi ada dua konsep pada dunia estetik medicine. Pertama itu untuk menganggulangi masyarakat yang sudah penuaan, kemudian kedua dikenal sebagai remodelling baik wajah dan tubuh untuk bertranformasi. Semua ini ada dikoridor payung anti aging medicine,” katanya.

Ia menuturkan, salah satu cara mengatasi perbedaan kosmetik terdaftar dan tidak, bisa diketahui melalui label BPOM dan alat kesehatannya terdaftar di Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Aman itu ada label BPOM dan Kemenkes yang terdaftar di produk kosmetiknya. Paling tidak itu sudah aman. Peran teman-teman pers dan insan medis juga penting untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa gunakan produk baik kosmetik atau alat kesehatan yang aman dan terdaftar,” ungkapnya.

Selain itu, melalui acara Internasional Seminar and Workshop in Aesthetic Medicine ini juga pihaknya telah mengundang para pelanggan yang kerap kali menggunakan layanan estetik medik dari mancanegara, sehingga diharapkan dapat lebih mengenalkan dokter-dokter estetik yang berkualitas dari Indonesia.

“Kami ada kelebihan, dimana kualitas bagus dan biaya terjangkau, kami yakni hal tersebut akan membuat pasien mancanegara akan datang ke Indonesia,” pungkasnya.(rik)

Komentar Anda

comments