Tips Hemat Kuota Internet Sampai Tanggal Gajian

oleh -
Ilustrasi. Foto: Ist

Palapanews.com- Kehabisan kuota internet di akhir bulan sering kali jadi hal sederhana yang mengganggu aktivitas. Ya, sekarang ini memang bakal bikin repot banget kalau enggak punya kuota internet. Komunikasi dengan teman dan keluarga terhambat, email dari klien enggak bisa dibalas, pesan transportasi online juga enggak bisa.

Nah, kalau salah perhitungan, biasanya kuota internet kamu akan habis di saat yang tidak terduga. Kalau sudah gajian, sih, ya enggak perlu dipikirkan karena kamu bisa langsung perpanjang kuota dengan beli paket internet baru. Kalau belum gajian, enggak mungkin bergantung sama WiFi gratisan terus ‘kan? Nah, biar lebih hemat kuota sampai gajian berikutnya, kamu bisa lakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Nonaktifkan fitur autodownload dan autoplay
Semua tampilan grafis pada smartphone akan menghabiskan lebih banyak paket data. Apa saja yang termasuk konten grafis? Nah, kamu yang banyak bergabung di group chat lebih baik menonaktifkan fitur autodownload dan autoplay untuk gambar dan video. Jika sering menggunakan GIF, berlakukan pengaturan yang sama agar kamu tidak menghabiskan banyak paket data. Semua gambar yang dikirim akan muncul dengan tampilan buram, tapi gambarnya akan langsung muncul saat kamu klik. Namun, cara ini bisa meminimalisasi konten yang sebenarnya enggak penting buat dilihat sehingga kuota internet lebih hemat.

2. Aktifkan koneksi WiFi agar hemat paket data
Nah, kalau di rumah atau kantormu ada koneksi WiFi, jangan lupa dimanfaatkan, ya. Hal ini akan sangat membantu kamu untuk bisa mengurangi penggunaan paket data. Jadi, kamu hanya akan menggunakan paket data saat sedang berada di perjalanan atau tempat nongkrong. Kalau begini, kuota internet kamu bakal tetap aman, deh, sampai gajian selanjutnya.

3. Kurangi akses Instagram tanpa koneksi WiFi
Update media sosial memang sangat menyenangkan karena kamu bisa tahu kabar semua orang dengan lebih cepat. Namun, di saat yang bersamaan pun kamu akan lebih cepat menghabiskan kuota internet setiap kali buka Instagram tanpa koneksi WiFi. Jadi, kalau memang sedang tidak pakai koneksi WiFi, sebaiknya ditahan-tahan dulu buka Instagramnya. Ya, sesekali boleh saja sih, tapi kamu harus rajin-rajin cek kuota. Kalau sudah mulai berlebihan, mungkin bakal tetap boros.

4. Aktifkan offline mode untuk aplikasi streaming
Buat kamu yang senang dengar musik atau nonton film pakai aplikasi streaming, manfaatkan fitur offline mode biar lebih irit kuota. Kamu tinggal download lagu atau film yang disukai saat sedang terhubung dengan konektivitas WiFi. Nah, kamu hanya perlu memastikan memori internal kamu cukup besar untuk menyimpan data multimedia. Jadi, pas kamu bosan di perjalanan pulang kantor, kamu tinggal menikmati hiburan yang sudah tersimpan di smartphone tanpa harus bermodalkan kuota.

5. Aktifkan fitur data saver aplikasi
Sudah banyak aplikasi yang memang mengadaptasi fitur data saver untuk dapat dimanfaaatkan oleh penggunanya. Beberapa aplikasi yang sudah mengadaptasi fitur data saver adalah Google Chrome dan Twitter. Nah, kedua aplikasi ini pasti sering kamu pakai. Kamu bisa mengaktifkan fitur data saver pada menu pengaturan. Jadi, pas kamu browsing atau cari informasi paling update dari Twitter, enggak perlu menghabiskan banyak kuota, deh.

Biar kamu lebih nyaman pakai kuota internet, kamu bisa beli paket internet Simpati bulanan setiap habis gajian. Selain dapat kuota yang cukup untuk dipakai selama sebulan, kamu juga bisa menikmati konektivitas internet yang bisa diandalkan. Kuota yang sudah kamu beli untuk sebulan juga bisa dipakai lebih optimal dan enggak cepat habis karena kamu sudah tahu tips untuk menghematnya. (red)

Komentar Anda

comments