32 Bidang Lahan Masih Konsinyasi, Tol Kunciran-Serpong Diresmikan Jokowi Besok

oleh -
Pimpinan daerah foto bersama di Gerbang Tol Perigi ruas tol Serpong-Kunciran. Foto: Nad

Palapanews.com- Pembebasan lahan Tol Kunciran-Serpong (Kunser) sepanjang 11,135 kilometer diketahui telah selesai sejak September 2019 lalu dan akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (6/12/2019) besok.

Namun hingga saat ini, masih tersisa bidang-bidang yang menitipkan ganti rugi di pengadilan atau konsinyasi. Langkah konsinyasi menjadi solusi dari diberlakukannya Peraturan Presiden Nomor 71 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan lahan Tol Serkun, Muhamad Fajri Lukman menjelaskan, artinya pembayaran lahan tol yang dikelola PT Marga Trans Nusantara (MTN) kepada warga tersebut bentuknya konsinyasi.

“Saat ini masih kita proses kurang lebih 32 bidang di beberapa kelurahan yang konsinyasi. Dengan batasan penetapan lokasi Gubernur sampai Mei 2020 mendatang. Pada prinsipnya adminstrasi konsinyasi ini tetap jalankan, tapi konstruksinya sudah kita gunakan, sebagai langkah percepatan pengoperasian,” jelas Fajri, Kamis (5/12/2019).

Lanjutnya, konsinyasi pemutusan hubungan hukum oleh pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan pada prinsipnya kalau sudah konsinyasi lahan itu sudah bisa digunakan.

“Seperti aset daerah, yakni masjid, mushola makam dan lapangan bola yang belum selesai, tapi sudah diputuskan pengantinya dan sekarang dalam tahap negosiasi,” bebernya.

Terpisah, Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany mengatakan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tangsel siap mensukseskan pembangunan tol JORR II yang dinilai akan memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

“Semoga bisa segera digunakan dan dimanfaatkan. Kelaikan pintu tol pun telah dilihat oleh BPTJ dan SK dari Menteri untuk tarifnya,” imbuh Airin.

Jalan tol yang akan terintegrasi menuju bandara ini terbagi atas dua paket pekerjaan, yaitu Paket 1 Ruas Kunciran-Parigi sepanjang 6,711 Km dan Paket 2 Ruas Parigi-Serpong sepanjang 4,424 Km. (nad)

Komentar Anda

comments