Baru Diresmikan, Lab FIKOM UMN Sudah Hasilkan CollaboHub dan Collaborative Class Room

oleh -
Salah satu fasilitas CollaboHub dan Collaborative Class Room. foto : budi

Palapanews.com – Melengkapi fasilitas kampusnya, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menghadirkan CollaboHub dan Collaborative Class room. Fasilitas yang merupakan hasil pengembangan Laboratorium FIKOM UMN ini diresmikan, Rabu (27/11/2019).

Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara (FIKOM UMN) dengan ASPIKOM, ISKI, P3I, PERHUMAS, SONAR PLATFORM, LEVERATE, dan DEWAN PERS.

Dalam peluncurannya, laboratorium FIKOM UMN mendemonstrasikan sejumlah kegiatan seperti data driven journalism, multi-smartphone camera live streaming, data analytics with python dan sejumlah kegunaan lain dari laboratorium collaboHub. Eksperimen dan pengembangan ini dilakukan untuk menunjang aktivitas pembelajaran dan riset di FIKOM UMN.

“Kita harus terus mengembangkan diri dan beradaptasi dengan perubahan. FIKOM UMN melalui laboratorium melakukan eksperimen dan pengembangan yang hasilnya dapat digunakan untuk mendukung kurikulum prodi sekaligus bermanfaat secara praktis bagi industri,” ungkap Albertus Prestianta, Koordinator Laboratorium FIKOM UMN di PK Ojong-Jakob Oetama Tower UMN Lantai 7.

Dijelaskan Albertus, tujuan hadirnya laboratorium FIKOM UMN adalah memajukan pendidikan Ilmu Komunikasi karena teknologi adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam pendidikan Ilmu Komunikasi.

“Kita harus merangkul teknologi, menjadikannya sebagai bagian dalam aktivitas belajar guna meningkatkan kualitas peserta didik,” tegasnya.

Katanya lagi, sekarang sudah saatnya institusi pendidikan tinggi dan asosiasinya berperan aktif dalam berinovasi mengembangkan kurikulum pembelajaran dan mengintegrasikan riset-riset mutakhir yang disesuaikan dengan kebutuhan industri 4.0. Sehingga menghasilkan lulusan mahasiswa  yang terampil dan siap bersaing untuk memenuhi kebutuhan industri tersebut. (bd)

Komentar Anda

comments