11 Tahun Tangsel Berdiri, Ini Capaian Dinas Damkar dan Penyelamatan

oleh -
Pasukan Dinas Damkar Tangsel foto bersama Walikota dan Wakil Walikota. Foto: Ist

Palapanews.com- Menjelang berakhirnya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) masa jabatan Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany, Dinas Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Tangsel sukses merealisasikan target yang dicanangkan.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Tangsel, Uci Sanusi mengatakan realisasi target yang dicapai mencakup layanan kejadian kebakaran seperti respon time dalam waktu 15 menit.

“Artinya, dengan waktu 15 menit terhitung pada saat menerima laporan, berangkat dan gelar selang kita upayakan sudah dilokasi,” ujar Uci, Senin, 25 November 2019 kepada Palapanews.

Keberhasilan ini dicapai, setelah Dinas Damkar dan Penyelamatan membentuk sebanyak tujuh posko Damkar di tujuh titik. Di tujuh posko tersebut, disiapkan total 14 unit mobil damkar yang terletak di masing-masing Kecamatan yang ada di Tangsel.

Tim Dinas Damkar Tangsel meramaikan perayaan HUT ke-11 Kota Tangsel. Foto: Ist

Kemudian, Dinas Damkar dan Penyelamatan pun telah menyediakan mobil pemadam kebakaran buatan Finlandia, yakni Bronto Skylift P310. Kendaraan ini disiapkan mengingat pertumbuhan gedung vertikal di Kota Tangsel terus terjadi dalam satu dekade ini.

“Dengan pertambahan penduduk dan keterbatasan lahan saat ini banyak bangunan vertikal keatas. Guna mengantisipasi terjadinya kebakaran di gedung tersebut, butuh alat yang memadai. Sehingga dapat memenuhi rasa aman pada bangunan bertingkat, salah satunya dengan menghadirkan mobil tangga setinggi 37 meter,” bebernya.

Dirinya mengaku, secara bertahap terus berusaha melengkapi sarana dan prasarana untuk memiliki alat di Dinas Damkar dan Penyelamatan. Selain itu juga meningkatkan sumber daya manusianya, dengan melakukan pelatihan bersama unit Bronto Indonesia.

Sementara dalam HUT ke 11 Kota Tangsel bertema Tangguh Bertumbuh, Dinas Damkar dan Penyelamatan turut serta dalam mengisi Stan Pameran Pembangunan HUT Tangsel ke 11 di Lapangan Skadron/21 Puspenerbad, Tangsel mulai Sabtu, 23 November hingga Senin, 25 November 2019.

Stan tersebut berisi data-data terkait apa yang telah Dinas Damkar dan Penyelamatan capai selama ini.

“Kita display hal-hal yang kita miliki. Seperti alat-alat penyelamatan dan peralatan yang biasa kita gunakan dalam evakuasi kebakaran,” ungkap Uci.

Sebagai pemimpin Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Tangsel, ia bangga karena telah menjadi bagian dari Kota bermoto Cerdas, Modern dan Religius ini. Terlebih dalam upaya memberikan rasa aman kepada masyarakat Tangsel.

“Mulai dari pencegahan, proses dan penyelamatan lainnya, menjadi tugas kita. Saya berharap, secara khusus untuk Dinas Damkar dan Penyelamatan Tangsel, agar tetap eksis, berkembang dan maju. Sedangkan, untuk Kota Tangsel agar tetap tangguh dan bertumbuh,” harapnya. (adv)

Komentar Anda

comments