Hujan Deras, Puluhan Kendaraan Tertimpa Pohon Tumbang

Palapanews.com- Hujan deras disertai angin kencang di Tangerang, menyebabkan pohon besar yang berada di pinggir jalan raya, tumbang. Akibatnya, banyak kendaraan yang terparkir tertimpa pohon.

Seperti terpantau di Jalan MH Thamrin, Cikokol, Kota Tangerang atau tepatnya di depan Kantor BPJS Kesehatan Tangerang. Bahu jalan yang dijadikan parkiran puluhan sepeda motor, tertutup oleh dahan berukuran besar yang tumbang saat hujan angin terjadi.

“Kejadiannya sekitar jam 12 siang, saya memang mau urus BPJS. Pas ujan angin kenceng banget, pohon-pohon itu dahannya mulai tumbang nimpa motor yang di bawahnya, hampir semua motor tertimpa,” tutur Adi Slamet, salah seorang warga, Rabu, 13 November 2019.

Akibatnya, beberapa motor yang tertimpa mengalami kerusakan ringan. Patahan dahan berukuran besar tersebut juga menutup akses jalan keluar masuk area perkantoran.

Setelah hujan berhenti, petugas keamanan setempat dan penjaga parkir langsung memindahkan dahan ke pinggir jalan, agar kendaraan bisa lewat. Sementara, bukan hanya di Jalan MH Thamrin saja, pohon tumbang yang menimpa kendaraan juga terjadi di depan kantor PDAM TKR.

Satu unit kendaraan Honda HRV tertimpa pohon, yang menyebabkan atap mobil penyok. Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tangerang langsung menggunakan alat berat untuk mengevakuasi.

“Ada beberapa jalan utama yang terkena, selain di depan Kantor BPJS, ada juga di depan SMPN 1, SMPN 16, Gerendeng Pulo, dan sekitar Taman Kelinci,” tuturĀ Hendri, Kabid Pertamanan Pada Dinas Budaya dan Pariwisata, Kota Tangerang.

Pihaknya, lanjut Hendri, tengah melakukan pembenahan atau evakuasi pohon agar tidak lebih lanjut mengganggu arus lalu lintas. Ada tiga tim dari Bidang Pertamanan yang dibantu Damkar untuk terus melakukan evakuasi dahan yang tumbang tersebut.

“Mayoritas yang tumbang itu pohon trembesi, sebab dia kalau sudah tua kena angin kencang suka sempal,” ujar Hendri.

Makanya, dia pun mengimbau agar warga pada saat awal musim hujan saat ini untuk menghindari berlindung di bawah pohon atau memarkirkan di bawah pohon trembesi. Sebab, peralihan musim ini biasanya hujan angin akan terjadi.(ydh)

Komentar Anda

comments