Minat Jadi Pendongeng, Ikut Aja Workshop Dongeng Gaya Kang Budi Euy

oleh -

Palapanews.com – Komunitas Literasi Pasar Kemis (KLP) Kabupaten Tangerang akan menggelar Workshop Mendongeng Gaya Kang Budi Euy, di SMK Iqro, Desa Sukaasih, Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Minggu (10/11/2019).

“Kang Budi Euy adalah pendongeng keliling nusantara, penggagas program Sedekah Dongeng Keliling Nusantara dan pendiri Jelajah Dongeng Indonesia Kang Budi Euy. Dia juga sudah mendongeng ke beberapa provinsi di Indonesia,” ungkap Ketua KLP Rifal Ocong.

Ocong berharap, Kang Budi bisa berbagi pengalamannya yang berharga kepada para peserta workshop dari kalangan guru-guru PAUD dan SD serta masyararakat umum.

Dalam workshop nanti, sekitar enam jam mulai pukul 09.00 hingga pukul 13.00 WIB, Kang Budi akan menyampaikan materi full praktek yang diawali pemaparan singkat seputar dongeng.

Selanjutnya materi tentang faktor-faktor pendukung mendongeng, kiat-kiat menulis dongeng, membacakan dongeng, mendongeng secara naratif, baik individu atau personal maupun kelompok.

Selain itu, bakal ada materi memindahkan teks dongeng yang sudah ditulis peserta ke dalam bentuk naskah teater dongeng. Kang Budi juga akan tampil membawakan dongeng dalam bentuk pertunjukan dongeng.

Menurut Kang Budi, workshop kali ini sebagai langkah awal untuk melestarikan tradisi dongeng. Sebab mendongeng di era milenial ini sudah hilang dalam kehidupan keluarga dan sosial.

“Kita hidupkan lagi tradisi mendongeng di keluarga dan sosial. Salah satu caranya dengan menyelenggarakan worshop dongeng,” ungkap pria yang juga dikenal sebagai seorang jurnalis dan penulis cerpen ini.

Ini, catatan perjalanan sedekah dongeng keliling nusantara Kang Budi yakni ; Sedekah Dongeng Keliling 3 Provinsi di Jawa Timur-Bali-NTB (2019), Sedekah Dongeng Keliling 7 Kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah (2018).

Sedekah Dongeng Keliling Lampung Selatan (2018), Sedekah Dongeng Keliling Jabodetabek (2017), Sedekah Dongeng Keliling NTT (2017), Sedekah Dongeng Keliling Banten (2016), dan Sedekah Dongeng Keliling Tangerang Raya tahun 2015 sampai saat ini.

Sementara itu bagi guru-guru dan masyarakat umum yang ingin mengikuti workshop bisa mengubungi Rifal Ocong di 0857-4343-8920 dan Panjul 0858-1199-6055. (bd)

Komentar Anda

comments