Gelar Aksi, Mahasiswa UIN Jakarta Minta Polisi Bebaskan Rekannya yang Ditahan

oleh -
Aksi solidaritas mahasiswa UIN Jakarta meminta rekannya yang ditahan dibebaskan. Foto: Nad

Palapanews.com- Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar aksi solidaritas, seperti membaca puisi, salat gaib, aksi tanda tangan sebagai bentuk protes terhadap pelemahan KPK.

Koordinator KBM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Mufthi Arif mengatakan bahwa aksi ini sebagai bentuk rasa berkabung dan meminta kepada Kapolda Metro Jaya untuk melepaskan mahasiswa yang ditahan.

“Ini rasa berkabung kita mendengar teman teman kita ada sekitar 94 orang yang ditahan di Polda Metro Jaya. Tentunya kami meminta Kapolda metro jaya, untuk segera melepas dan membebaskan teman kita yang ditahan,” ujar Arif di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Kamis (26/9/2019)

Selain itu, KBM UIN juga mengucapkan turut berduka cita mendengar kabar teman-teman mahasiswa di daerah yang meninggal dunia akibat melakukan aksi demonstrasi di Gedung DPR RI Jakarta.

“Kemudian kita turut berduka cita bahwa sore ini kita mendengar seorang pelajar dari aliansi pelajar se Jabodetabek meninggal dunia ini sebagai bentuk solidaritas. Kita sebagai sesama pelajar dan sesama mahasiswa bahwa luka mereka luka kita juga bahwa perjuangan tidak akan berhenti perjuangan kita lanjut sampai 30 September nanti,” tegasnya.

Pihaknya pun menuntut kepada kepolisian untuk tidak melakukan kekerasan kepada rekan mahasiswa yang ditahan.

“Tuntutan kami ke polisi bahwa segera bebaskan teman-teman kami yang berada di Polda Metro Jaya, jangan sampai melakukan tindakan kekerasan terhadap teman kami yang ditangkap. Karena jelas kami dilapangan, kami tertib tidak rusuh. Kami hanya mengevakuasi ketika Polisi itu menembakkan langsung kepada massa aksi kami,” ungkapnya. (nad)

Komentar Anda

comments