Organ Pernapasan Sehat dengan Konsumsi 3 Makanan Ini

oleh -
Ilustrasi. Foto: Hellosehat

Palapanews.com- Sistem pernapasan manusia sangat berperan penting untuk memasok oksigen ke dalam tubuh. Jika salah satu organ dari sistem pernapasan memburuk, tentu akan berpengaruh besar terhadap kesehatan Anda secara keseluruhan. Oleh karena itu, memiliki gaya hidup sehat cukup penting untuk menjaga kesehatan organ pernapasan, termasuk mengonsumsi makanan yang dipercaya dapat meningkatkan fungsi sistem pernapasan.

Makanan yang baik untuk menjaga fungsi pernapasan

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan pada tahun 2015 tentang nutrisi untuk kesehatan sistem pernapasan, pola makan tertentu dapat meningkatkan risiko penyakit pernapasan. Misalnya, terlalu sering mengonsumsi produk susu dan makanan tinggi lemak rentan terhadap penyakit asma.

Supaya terhindar dari risiko tersebut, ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu mengoptimalkan kesehatan organ pernapasan Anda. Mulai dari buah-buahan hingga ikan yang mudah Anda temui di kehidupan sehari-hari.

1. Buah dan sayur

Makanan yang kaya akan antioksidan dan vitamin dipercaya dapat meredakan peradangan pada sistem pernapasan Anda. Contohnya, buah jeruk atau sayuran berdaun hijau yang mengandung vitamin C. Kandungan vitamin C yang tinggi ternyata membantu mencegah paru-paru rusak akibat terkena asap rokok.

Selain itu, buah dan sayur mengandung antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas dan memperbaiki jaringan paru-paru.

Kebaikan buah dan sayur juga ditunjukkan melalui sebuah penelitian yang dilakukan selama 3 tahun kepada 120 pasien PPOK atau penyakit paru obstruktif kronis. Di dalam penelitian tersebut diperlihatkan bahwa konsumsi buah dan sayur secara rutin membuat para pasien tersebut mengalami perbaikan gejala.

Maka itu, biasakan untuk memasukkan buah dan sayur di menu makanan harian Anda untuk sistem pernapasan yang lebih sehat. Ini dia beberapa jenis sayur dan buah yang mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi.

  • Stroberi
  • Anggur
  • Mangga
  • Tomat
  • Kentang
  • Brokoli

2. Ikan dan asam lemak omega-3

Tahukah Anda bahwa ikan termasuk salah satu makanan yang dapat mengurangi risiko penyakit paru=-paru kronis?

Ikan yang berasal dari laut, seperti salmon, berisi asam lemak omega-3 yang membantu membersihkan salah satu bakteri yang dapat menyebabkan peradangan paru.

Seperti yang dijelaskan seorang profesor dari Fakultas Kedokteran University of Rochester, asam lemak omega-3 yang diujicobakan kepada tikus dapat membantu meningkatkan fungsi paru.

Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut untuk benar-benar mengerti bagaimana senyawa ini dapat berguna di dalam tubuh manusia, khususnya organ pernapasan.

3. Yoghurt

Selain buah dan sayur, ternyata makanan yang baik untuk sistem pernapasan lainnya adalah yoghurt. Akan tetapi, bukankah banyak yang bilang bahwa produk susu, seperti yoghurt justru dapat meningkatkan produksi lendir pada tubuh?

Faktanya, pada tahun 2013 terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan manfaat yoghurt terhadap sistem pernapasan manusia. Penelitian yang diikuti oleh 46 perenang wanita ini memperlihatkan bahwa terdapat pengurangan risiko gejala infeksi pernapasan yang sering diderita oleh perenang.

Makanan yang sudah disebutkan di atas memang baik untuk kesehatan sistem pernapasan Anda. Tidak hanya makanan saja, Anda pun wajib menjalani gaya hidup yang sehat, seperti menjauhi asap rokok dan memakai masker untuk mengurangi paparan polusi. (*)

Sumber: Hellosehat

Komentar Anda

comments