5 Tips Penting agar Tas Aman di Bagasi Pesawat

oleh -
Ilustrasi. Foto: Ist

Palapanews.com- Semua orang pasti ingin liburan yang menyenangkan. Punya banyak foto keren, nyobain banyak tempat seru dan makanan khas, serta berkenalan dengan orang-orang baru di perjalanan, rasanya jadi angan banyak traveler di dunia.

Namun masalahnya, traveling juga punya satu sisi menyebalkan jika kamu harus mengalami kesialan. Tas atau koper yang hilang atau rusak, misalnya. Enggak jarang juga tas dan koper kamu tertukar dengan milik penumpang lain.

Hal itu enggak cuma bikin mood rusak, tapi juga bisa bikin kamu dan partner bepergian jadi panik. Meski begitu, kamu enggak perlu khawatir dulu. Sebab, ada beberapa tips aman yang bisa kamu lakukan untuk membawa tas bagasi ke pesawat.

Jangan simpan barang berharga di dalam tas bagasi
Tips pertama agar tas aman di bagasi pesawat adalah jangan menyimpan barang berharga di dalamnya. Setelah mendapatkan tiket pesawat batik air online, sekarang waktunya kamu untuk packing barang-barang yang akan dibawa selama perjalanan. Namun, pastikan bahwa barang-barang berharga seperti laptop, tablet, ponsel, resep obat-obatan, hingga barang berharga lainnya tidak ada di dalam tas bagasi kamu.

Tak cuma itu, kamu juga disarankan untuk enggak menyimpan souvenir dengan harga mahal di dalam bagasi. Jika ukurannya masih muat untuk dibawa ke dalam pesawat, lebih baik kamu bawa ke dalam kabin saja. Namun, jika ukurannya terlalu besar, kamu bisa mengirimkannya lewat jasa kurir yang memberikan asuransi dan kode tracking yang bisa kamu cek status pengirimannya.

Bikin daftar barang apa saja yang ada di dalam tas kamu
Masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Pada tips berikut ini, kamu wajib membuat daftar barang apa saja yang ada di dalam tas bagasi kamu. Bukan tanpa alasan. Pasalnya, petugas maskapai akan menanyakan barang apa saja yang ada di dalam tas kamu jika sewaktu-waktu tas kamu enggak ada di dalam bagasi alias hilang.

Biar enggak pusing mengingat, kamu bisa mengeluarkan daftar yang sudah kamu buat sebelum berangkat ke bandara. Kamu bisa mencatatnya di buku kecil atau notes yang ada di smartphone. Namun, jika terlalu malas dan enggak ada waktu untuk mencatat, kamu bisa memfoto tas beserta isinya agar mudah menunjukkan ke petugas maskapai jika tas kamu hilang.

Buat tas kamu terlihat berbeda dari yang lain
Salah satu alasan tas bisa hilang adalah karena kamu memiliki tas dengan desain dan bentuk yang mirip dengan punya orang lain. Yap, enggak sedikit orang salah mengambil tas yang berseliweran di conveyor belt tanpa sengaja.

Nah, untuk mengakali hal tersebut, kamu wajib membuat tas terlihat berbeda dari yang lain. Caranya gampang banget. Kamu bisa memasang pita berwarna terang sebagai tas milik kamu. Selain itu, kamu juga bisa memasang tag yang unik agar tas kamu terlihat berbeda dibanding dengan yang lain.

Masih belum cukup? Kamu bisa menambahkan beberapa patches keren jika menggunakan tas berbahan kain atau menempelkan beberapa buah stiker lucu jika kamu membawa koper. Intinya satu, bikin tas kamu jadi beda dengan milik orang lain!

Datang tepat waktu ke counter check-in
Kamu pasti setuju jika segala sesuatu yang dikerjakan dengan terburu-buru pasti bakal memberikan hasil yang enggak maksimal. Nah, itu juga yang terjadi jika kamu telat check-in bagasi.

Jika kamu telat check-in kemungkinan tas kamu tak terangkut ke dalam pesawat itu selalu ada karena proses pengiriman bagasi dari counter ke badan pesawat itu panjang dan butuh waktu. Jadi pastikan kamu mengecek batas akhir waktu check-in yang tertera di tiket kamu, ya!

Pastikan tas bagasi tertata dengan benar
Sebelum tas kamu bergulir di atas conveyor belt untuk dibawa ke pesawat, cek dulu tiket yang dilekatkan ke tas kamu sudah berisi data yang benar. Perhatikan nama yang tertera juga tujuan. Selain itu, mintalah sobekan tiket untuk mengklaim tas kamu di kota tujuan.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tas tetap aman di dalam bagasi pesawat. Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu, ya. (red)

Komentar Anda

comments