Himpikindo : Besar, Potensi Pasar Singapura untuk Produk UKM

oleh -
Ketum Hipmikindo Syahnan Phalipi, foto : ist

Palapanews.com – Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia memiliki peluang yang besar untuk memasarkan produk-produknya di negara-negara Asia, khususnya Singapura.

Menurut Ketua Umum Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (Hipmikindo) Syahnan Phalipi, banyak produk-produk suvenir yang dijual di Singapura ternyata diproduksi di Indonesia.

“Produk UKM kita bagus-bagus dan bisa diserap oleh pasar Singapura. Saya ambil contoh misalnya seragam karyawan MRT di sana, yang dibuat oleh UKM lokal kita di Batam, Kepulauan Riau. Berarti secara kualitas produk kita sudah diakui oleh mereka. Apalagi MRT perusahaan besar,” ungkap Syahnan.

“Dan luar biasanya lagi, pihak pemesan memberikan uang muka dulu ketika sudah tanda tangan kontrak dengan produsen. Ini jelas sangat menguntungkan bagi pelaku industri mikro kita,” tambahnya belum lama ini, di Jakarta.

Selain itu, tambahnya, UKM Indonesia juga bisa memproduksi cinderamata untuk turis-turis yang berkunjung ke negara kota tersebut seperti kaos, gantungan kunci dan suvenir lainnya.

“Di beberapa tempat bisa kita jumpai suvenir yang unik, padahal dibuat di Batam. Ini menarik, karena kita bisa beli oleh-oleh Singapura di Batam dengan harga yang lebih murah,” tuturnya.

Syahnan pun menyarankan buat pelaku UKM lain yang ingin mencoba potensi pasar di negara tetangga tersebut bisa ikut momen-momen pameran yang sering diselenggarakan di sana.

“Misalnya, bulan puasa sering ada semacam Ramadhan Fair. Kita bisa berpartisipasi di sana karena mereka pun membutuhkan produk-produk kita. Daerah-daerah yang prospektif misalnya China Town, Little India, kampung Bugis, bahkan juga bandara Changi dan Santosa. Kita bisa kerjasama dengan orang-orang Indonesia yang bermukim di sana,” paparnya. (ab/bd)

Komentar Anda

comments