Kekeringan di Tangsel, BPBD Salurkan Bantuan Air Bersih

oleh -
Petugas BPBD Tangsel menyalurkan air bersih. Foto: Nad

Palapanews.com- Kemarau panjang yang telah berlangsung sekitar satu bulan, membuat sumur-sumur menjadi kering di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Seperti di Perumahan Pesona Serpong, Kademangan dan Kampung Koceak yang kesulitan mendapatkan air bersih untuk mandi dan mencuci.

Kepala Bidang Kedaruratan Bencana pada BPBD Tangsel, Hasyim mengaku, pihaknya telah bergerak cepat menyalurkan bantuan air bersih untuk kebutuhan pokok sehari-hari di wilayah tersebut.

“Sesuai tugas pokok dan fungsi BPBD bahwa harus mengkordinir hal-hal kebencanaan. Dan, setelah investigasi di lapangan yang rawan bencana kekeringan, kami langsung rapat koordinasi dengan Dinas terkait. Dari hasil itu disepakati dan sudah mendesak dan harus didistribusikan air bersih untuk masyarakat Tangsel yang mengalami kekeringan,” ujarnya, Kamis (22/8/2019).

Menurutnya, pendistribusian air bersih dari BPBD ke warga yang kekeringan, sudah dilakukan sejak kemarin Rabu (21/8/2019).

“Sekarang sudah berjalan dua hari, khususnya titik yang rawan bencana kekeringan di Kecamatan Setu khsususnya di Pesona Serpong dan Kampung Koceak,” pukasnya.

Dalam pendistribusian air bersih kepada warga Pesona Serpong dan Kampung Koceka, BPDB Tangsel berkoordinasi dengan PDAM Tirta Kerta Raharja. Pendistribusian air pun, akan dilakukan pada pagi dan sore hari.

“Untuk Pesona Serpong kemaren sudah dua tangki mobil dan sekarang nambah satu sudah 1.200 liter. Nanti sore masuk 4.000 liter lagi. Kita terus monitor juga ke Koceak,” ungkap Hasyim.

Meski banyak warga yang mengeluhkan sedikitnya, bantuan air bersih. Hasyim menjelaskan, untuk saat ini yang terpenting bisa membantu kebutuhan sehari-hari.

“Suplai kita kan terbatas, sedangkan kebutuhan di Pesona Serpong banyak. Ya minimal bisa membackup kebutuhan pokok warga seperti mandi dan MCKnya,” jelasnya. (nad)

Komentar Anda

comments