DPR RI Pantau Kemendagri dan Gubernur Banten Dalam Aduan Masyarakat

oleh -

Palapanews.com- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI angkat bicara soal adanya laporan masyarakat terkait dugaan perjalanan dinas ke luar negeri Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah tanpa izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Gubernur Banten.

Pria bernama lengkap Edi Kusuma Wijaya tersebut mengatakan, berdasarkan aturan yang berlaku setiap kepala daerah yang hendak bepergian ke luar negeri harus mengantongi izin dari Kemendagri.

 

“Prosedurnya memang harus ada izin. Inikan negara hukum, apabila ada kepala daerah yang pergi ke luar negeri tanpa izin, maka harus ditindak sesuai hukum yang berlaku. Jika harus dilakukan sanksi non aktif, ya lakukan,” kata Edi Kusuma Wijaya.

Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut menambahkan, kepala daerah merupakan bapaknya rakyat, jadi harus memberikan contoh tentang disiplin diri, karena dia (Walikota) membawahi Aparatur Sipil Negara (ASN), dan masyarakat. “Berikanlah contoh yang baik kepada bawahannya yakni ASN maupun masyarakat,”‘tegasnya.

Terkait dengan rencana Kemendagri yang akan melakukan pemeriksaan terhadap Walikota Tangerang, purnawirawan Inspektur Jenderal Polisi tersebut mengungkapkan, jika prosedur itu harus dilakukan oleh Kemendagri. Dimana, Kemendagri harus melakukan pemeriksaan sesuai prosedur seperti pemeriksaan tiket maupun pasport.

“Intinya pemeriksaan harus dilakukan sesuai prosedur yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan,” papar Edi seraya menambahkan, apabila ditemukan pelanggaran maka Walikota Tangerang harus ditindak dengan tegas sesuai aturan yang berlaku.

Gubernur Banten Harus Tegas

Anggota Komisi II DPR RI juga meminta kepada Perwakilan Pemerintah Pusat yakni Gubernur Banten untuk segera bertindak. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui apakah dugaan perjalanan dinas ke luar negeri Walikota Tangerang sudah mengantongi izin atau belum. Sebab, Gubernur merupakan atasan dari walikota/bupati.

“Bisa dilihat nanti apakah Gubernur Banten mengutus timnya untuk melakukan pemeriksaan terhadap Walikota atau tidak. Saya juga berharap jangan ada yang ditutup-tutupi,” imbuhnya.

Sementara itu, Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah ketika hendak dimintai konfirmasi melalui telepon genggamnya tidak merespon.(ydh)

Komentar Anda

comments