Jangan Dibuang! Kulit Telur Ternyata Membantu Mengobati Kerusakan Tulang

oleh -
Ilustrasi. Foto: Hellosehat.com

Palapanews.com- Siapa yang terpikir untuk makan kulit telur? Padahal, kandungan kalsium karbonat pada cangkang telur ternyata berguna bagi orang yang memiliki masalah tulang. Apa saja ya manfaat cangkang telur untuk tulang?

Telah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa kulit telur yang dihancurkan ternyata memiliki manfaat untuk tubuh Anda. Mulai dari suplemen kalsium, pemanis buatan untuk kopi, hingga pengobatan kulit yang terkena iritasi.

Menurut sebuah penelitian tahun 2019 dari UMass Lowell, kandungan kalsium pada cangkang telur memungkinkan sel tulang berkembang lebih cepat.

Di dalam penelitian tersebut digunakan partikel kulit telur yang sudah dihancurkan dan dicampur dengan hidrogen berbasis gelatin. Para peneliti percaya bahwa teknik ini dapat diterapkan untuk merawat dan memperbaiki tulang pasien yang mengalami cedera tulang akibat penuaan, kanker, dan penyakit lainnya.

Tidak hanya itu, partikel kulit telur yang sudah bercampur dengan gelatin ini memungkinkan menumbuhkan tulang pada cangkok tulang, tulang rawan, hingga gigi dan tendon.

Terbukti bahwa cangkang telur memang memiliki manfaat untuk memperbaiki kerusakan tulang, meski tidak semua masalah tulang bisa selesai dengan cara ini.

Para peneliti dari Camci-Unal ini juga percaya bahwa di masa mendatang cangkang telur tak hanya memiliki manfaat untuk memperbaiki kerusakan tulang. Mereka yakin bahwa kulit telur juga bisa digunakan untuk operasi rekonstruksi tengkorak, rahang, dan wajah.

Alasan di baliknya adalah karena kandungan kulit telur yang dapat memperbarui jaringan, menghasilkan partikel kecil seperti protein, peptida, hingga bermanfaat sebagai obat teraupetik. (*)

Sumber: Hellosehat.com

Komentar Anda

comments