Begini Cara Warga PPI Bogor Peringati HUT ke-74 RI

oleh -
Anak-anak warga PPI Bogor aktif mengikuti rangkaian peringatan HUT RI ke-74. Foto: Bung

Palapanews.com- Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74 ini, lebih bermakna bagi warga RT 07 RW 12 di Perumahan Parung Permata Indah (PPI) yang berlokasi di Desa Kalisuren, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, karena pada tahun 2019, kemeriahan menyambut hari kemerdekaan ini semakin semarak dengan diadakan pawai atau karnaval untuk semua umur baik wanita dan pria.

Warga RT 07 RW 12, biasanya hanya mengadakan lomba-lomba antar warga terutama anak-anak. Kini, semua warga berpartisipasi mengikuti karnaval sebagai wujud kebahagiaan, karena telah diberikan nikmat kemerdekaan dengan mengenang jasa para pahlawan yang gugur merebut kemerdekaan dari penjajah asing.

Tepatnya di sore hari, Sabtu, 17 Agustus 2019, anak-anak, remaja dan orang tua bersama pengurus RT 07 yang baru beberapa waktu terbentuk tumpah ruah di sepanjang jalan perumahan. Mereka mengenakan beragam riasan dan pakaian menyambut Hari Proklamasi yang diadakan oleh masyarakat pada umumnya.

Yatin, selaku Ketua RT 07 menjelaskan, untuk pertama kalinya, RT 07 di PPI ini mengadakan karnaval atau pawai, yang merupakan rangkaian perayaan HUT RI ke-74. Rangkaian HUT RI ini dibagi 3 kategori kemeriahan. Yakni karnaval, aneka lomba, dan malam puncak.

“Semua persiapan dilakukan secara bersama dan Karang Taruna Sub Unit RT 07 menjadi penyelenggara dan penanggungjawab semua acara yang berlangsung selama 3 hari di bulan Agustus,” ujar Ketua RT 07 yang baru saja dilantik.

Sementara itu, Reza Zulkhaidir Rakhman selaku Ketua Karang Taruna RT 07 mengatakan, hakekat karnaval ini sebagai tapak tilas mengenang jasa pahlawan yang telah gugur, dan kami sebagai generasi penerus sudah seharusnya menghargai jasa mereka. Dan tentu saja tujuannya agar mengingatkan serta memupuk kembali semangat persatuan dan kesatuan.

“Prinsipnya, kami sebagai generasi penerus juga bisa menjadi bagian dari bangsa ini. Tidak hanya sebagai penonton saja dalam kemeriahan menyambut hari kemerdekaan, kami harus turut serta di hari kemedekaan ini. Merdeka…!” ujar Reza yang juga mahasiswa tingkat akhir di salah satu universitas di bilangan Depok.

Karnaval yang baru pertama kali diadakan ini, menjadi ikon sendiri dari rangkaian Agustusan. Tak perlu bermodal besar, yang penting semua warga serta ikut andil dalam meriahnya pesta kemerdekaan itu.

Di antara mereka, terlihat peserta memakai pakaian adat, ada yang memakai pakaian sekolah, pakaian pramuka, pakaian seni bela diri dan lain sebagainya yang semakin membuat semarak kegiatan tersebut.

Sebagai informasi, RT 07 menggelar HUT RI ke-74 dengan 3 kegiatan, yakni Karnaval (17 Agustus 2019). Aneka Lomba (18 Agustus 2019) dan Malam Puncak (24 Agustus 2019) yang berisi pentas seni, pembagian hadiah serta doorprize untuk semua tamu undangan. (bung)

Komentar Anda

comments