3 Khasiat Minum Air Lemon di Pagi Hari

oleh -
Ilustrasi. Foto: Shutterstock

Palapanews.com- Air lemon memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, asal diminum dengan cara yang tepat. Air lemon memang boleh diminum kapan saja. Namun, tahukah Anda bahwa minum air lemon di pagi hari, khususnya setelah bangun tidur, dapat membantu mengatasi dehidrasi. Lalu, bagaimana cara tepat minum air lemon di pagi hari? Yuk, simak artikel berikut.

Manfaat utama mengonsumsi air lemon di pagi hari

Sebagian besar orang mungkin takut jika harus minum air lemon di pagi hari. Alasannya, takut menimbulkan sakit perut. Namun nyatanya, bila diminum dengan porsi yang tepat, ada beragam khasiat minum air lemon di pagi hari, lho.

1. Mengatasi dehidrasi
Saat bangun tidur di pagi hari, Anda akan merasa haus dan butuh minum. Sementara, kebanyakan orang enggan minum air mineral yang tidak memiliki rasa.

Maka itu, banyak yang malah minum minuman manis di pagi hari pengganti air putih. Nah, solusi dari masalah ini sebenarnya Anda bisa menambahkan potongan atau sedikit perasan lemon ke dalam air putih.

Hal ini akan membuat air putih Anda memiliki rasa segar. Dengan begitu, air perasaan lemon juga bermanfaat untuk membantu Anda minum lebih banyak air.

2. Mengurangi bau mulut
Sudah menjadi rahasia umum bahwa saat bangun tidur mulut akan mengeluarkan bau tidak sedap. Hal ini juga bisa diatasi dengan mengonsumsi air perasaan lemon. Salah satu manfaat air lemon adalah merangsang air liur, sehingga bau mulut bisa tertutupi dengan air lemon ini.

Selain itu, bau tidak sedap yang tercium dari mulut Anda pada pagi hari juga dapat disebabkan karena mulut kering. Saat mulut kering, bakteri akan muncul dan dapat menyebabkan bau mulut. Oleh sebab itu, dengan ‘membasahi’ mulut dengan air lemon, bau mulut pun akan menghilang.

3. Membantu melancarkan pencernaan
Manfaat air lemon pada pagi hari adalah membantu melancarkan pencernaan. Air lemon memang dipercaya dapat menjadi minuman pencahar alami sehingga mencegah sembelit karena asam yang terdapat pada buah lemon dapat membantu menguraikan makanan di dalam perut.

Dengan begitu, kotoran yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh akan lebih cepat keluar saat mengonsumsi air perasan lemon.

Jika Anda ingin memulai hari dengan hal yang berbeda, mungkin sesekali Anda bisa mencoba minum air lemon sebagai teman sarapan di pagi hari. Bagi Anda yang punya riwayat gejala maag atau gangguan pencernaan lainnya, hati-hati saat minum air lemon di pagi hari.

Untuk beberapa orang, hal ini bisa menyebabkan gejala kambuh, karena minum dalam keadaan perut yang kosong. Maka itu, sebaiknya diskusikan dulu dengan dokter Anda sebelum mencoba kebiasaan ini. (*)

Sumber: Hellosehat.com

Komentar Anda

comments