Pemprov Banten Beri Dana Stimulan Bagi Korban Gempa

oleh -

Palapanews.com- Gubernur Banten, Wahidin Halim menyerahkan bantuan dana Stimulan kepada warga yang terkena dampak gempa di wilayah Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Serang.

Penyerahan bantuan dari Gubernur Banten diwakili Kepala Badan BPBD Provinsi , Kusmayadi kepada masyarakat yang terkena dampak dari gempa bermaknitudo 6,9 yang terjadi di Provinsi Banten, Jumat (2/8) petang.

“Alhamdulillah, hari ini saya mewakili Bapak Gubernur menyerahkan bantuan dana stimulan kepada warga yang terkena gempa,” ujar Kusmayadi.

Selanjutnya, Kus menambahkan bahwa Petugas Relawan Satgas BPBD Banten sedang melakukan pembagian dana stimulan di rumah warga yang terdampak terkena gempa. Selain itu, dilaksanakan kegiatan bakti sosial dengan memberikan bantuan sembako kepada warga.

“Untuk personel tersebar di sejumlah wilayah yang terdampak gempa
untuk melakukan kegiatan pendatan rumah warga yang rusak,”‘katanya.

Dikatakan Kusmayadi, warga yang belum memiliki buku tabungan Bank Pemerintah Provinsi Banten tentunya diwajibkan untuk membuatnya.

“Saya mewakili Bapak Gubernur menyerahkan bantuan stimulan kepada warga yang terkena gempa serta untuk memperbaiki fasilitas umum yang telah rusak, Dan uang tersebut wajib masuk ke nomor rekening warga yang terkena musibah gempa,”‘paparnya.

Berdasarkan data sementara BPBD Provinsi Banten, sebanyak 249 rumah dan sarana umum lain mengalami kerusakan ringan, 77 rusak sedang dan sebanyak 104 mengalami rusak berat. Sedangkan, rumah dan sarana lain yang mengalami kerusakan paling banyak terdapat di Pandeglang, yaitu 181 rusak ringan, 76 rusak sedang dan sebanyak 102 rusak berat.

Terbanyak berikutnya di Lebak, yaitu sebanyak 55 rusak ringan dan 2 mengalami rusak berat. Sedangkan, di Kabupaten Serang sebanyak 13 rusak ringan dan 1 rusak sedang. Selain menyebabkan kerusakan rumah dan prasarana umum lainnya, gempa bumi juga menimbulkan kepanikan warga, sehingga tidak sedikit warga yang mengungsi.

“Warga yang mengalami kerusakan rumah dibantu biaya perbaikan. Perinciannya, rumah rusak berat dibantu Rp25 juta, rusak sedang Rp10 juta dan rusak ringan Rp5 juta. Bantuan tersebut bersumber dari APBD Banten,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Banten M Juhriyadi.

Salah satu korban bencana di Desa Panjang Jaya, Ade mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Pemprov Banten khususnya Gubernur yang telah menyalurkan bantuan untuk perbaikan rumahnya yang mengalami kerusakan akibat bencana gempa Jum’at lalu.

“Terimakasih kepada bapak Gubernur Banten beserta jajaran yang telah dapat membantu masyarakat, mudah-mudahan semua kebaikan bapak dibalas Allah SWT. Amin,” kata Ade.(ydh)

Komentar Anda

comments