Bahaya Gagal Ginjal, Biasakan Minum Air Mineral Sejak Dini pada Anak

Palapanews.com- Membiasakan minum air mineral sesering dan sedini mungkin, dapat mencegah bahaya gagal ginjal pada anak Kebiasaan ini bahkan bisa dilakukan sedari usia anak 1 tahun. Semakin asupan air mineral sering dikonsumsi sedari dini, maka kualitas ginjal yang akan didapatkan pun akan semakin baik.

“Karena ginjal itu membutuhkan asupan air mineral lebih banyak, dari usia dini. Nantinya akan mempengaruhi kualitas ginjal hingga dia dewasa,” papar dokter spesialis Anak Konsultan Nefrologi dari klinik ginjal anak di RSCM, Cahyani Gita Ambarsari saat ditemui di Siloam Hospitals Lippo Village, Sabtu (3/8/2019).

Lanjutnya, meminum air mineral lebih banyak pun akan membuat kandung kemih berkembang maksimal sebagaimana usianya, juga akan melatih otot agar bisa merasakan kandung kemih penuh, dan mendorongnya untuk buang air kecil.

“Kalau kantong kencing tidak berkembang maksimal seperti usianya, disinilah mulai terganggu fungsi ginjalnya,” ungkap Cahyani.

Efek samping lain yang sering ditemui orang tua adalah, ketika sembelit atau konstipasi mulai menyerang anak. Gejalanya adalah anak susah buang air besar, mengedan sampai mukanya merah.

“Minimal itu 3 kali dalam satu minggu, kurang dari itu, bisa dipastikan si anak kurang minum air putih. Beri contoh juga pada si kecil, meminum air mineral lebih baik daripada meminum air yang banyak mengandung kandungan gula dan soda,” tutur dr Cahyani. (nad)

Komentar Anda

comments