Cegah Kejahatan Siber, RSUD Depok Bentuk Tim IT

oleh -
BSSN melakukan pembinaan keamanan siber di RSUD Depok. Foto: Kominfo

Palapanews.com- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota depok membentuk tim informasi teknologi (IT). Ini dilakukan untuk mencegah cyber crime atau kejahatan siber, khususnya menjaga data pasien yang berobat ke rumah sakit milik pemerintah daerah itu.

Kepala Seksi Penunjang Nonmedis yang membawahi IT RSUD Depok, Riyanto mengatakan untuk informasi bidang kesehatan di RSUD Depok banyak jenisnya. Mulai dari data diri pasien, hingga penyakit yang diderita merupakan informasi yang harus dijaga dan membutuhkan pengamanan yang ketat.

“Jangan sampai informasi-informasi tersebut diretas oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Maka tim IT kami yang berjumlah delapan personel siap menjaga semua data tersebut,” kata Riyanto.

Lebih lanjut, ucapnya, RSUD Depok sendiri untuk kemutakhiran teknologi sudah sudah menghubungkan dengan sejumlah aplikasi lembaga maupun Perangkat Daerah lainnya. Seperti dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk pasien yang ditanggung pembiayaan oleh BPJS Kesehatan.

Selain itu, sambung Riyanto, RSUD Depok juga terhubung dengan sejumlah Perangkat Daerah. Antara lain Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok melalui pendaftaran online Depok Single Window (DSW). Kemudian, dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok untuk bisa mengakses Nomor Induk Kependudukan (NIK). (kom)

Komentar Anda

comments