Dinkes Depok Sasar Pondok Pesantren untuk Edukasi PHBS

oleh -
Penanggung Jawab Kegiatan Pos Kesehatan Pesantren dan KTR Dinkes Kota Depok, Gugun Gunawan. Foto: Kominfo

Palapanews.com- Dinas Kesehatan) Kota Depok gencar memberikan edukasi terkait penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kali ini sasarannya Pondok Pesantren (Ponpes) yang ada di Kota Depok.

Menurut Penanggung Jawab Kegiatan Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) dan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Dinkes Kota Depok, Gugun Gunawan, dengan mengedukasi santri dan pengurus Ponpes, pihaknya ingin adanya perubahan sikap dan perilaku hidup bersih di lingkungan mereka. Dengan begitu, diharapkan dapat mencontohkan penerapan PHBS kepada masyarakat sekitar Ponpes.

“Para pengajar di pesantren sebaiknya juga mengetahui dan memiliki pengetahuan terhadap program Kesehatan Lingkungan dan Gaya Hidup Sehat. Hal itu agar bisa memantau penerapan PHBS di lingkungan santri,” kata Gugun.

Lebih lanjut, ucapnya, Ada beberapa indikator yang dipakai sebagai tolak ukur dalam menilai PHBS di Ponpes. Antara lain kebersihan perorangan (badan, pakaian dan kuku), penggunaan air bersih, kebersihan tempat wudhu dan penggunakan jamban sehat. Selain itu kebersihan asrama, kepadatan penghuni asrama, dan kebersihan ruang belajar.

Selanjutnya, sambung Gugun, dalam melaksanakan PHBS di Ponpes dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan halaman, adanya kader Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) atau santri husada. Tak hanya itu, harus memiliki kader Poskestren terlatih, kegiatan kader Poskestren, bak penampungan air bebas jentik dan penggunaan garam beryodium.

“Dalam PHBS juga dibutuhkan makanan bergizi seimbang, pemanfaatan sarana pelayanan kesehatan. Terakhir yang tak kalah penting yaitu gaya hidup tidak merokok,” tandasnya. (kom)

Komentar Anda

comments