Dinas Ketahanan Pangan Periksa Hewan Kurban

oleh -

Palapanews.com- Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang melakukan pemeriksaan hewan kurban di lapak pedagang di Jalan KH. Hasyim Ashari, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Senin 22 Juli 2019.

Dinas Ketahanan Pangan melakukan pemeriksaan mulai dari pemeriksaan gigi, mata, kaki, kotoran, dan fisik lainnya guna hewan-hewan kurban ini layak dijual.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang, Abduh Surahman mengatakan, terdapat beberapa titik lapak yang ada di Kota Tangerang sudah dilakukan pemeriksaan oleh pihaknya.

“Kami sudah melakukan pemeriksaan beberapa lapak pedagang dan akan terus berlangsung sampai Idul Adha mendatang,” terang Abduh.

Dikatakan Abduh, pemeriksaan itu dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada hewan kurban yang dijual tidak layak konsumsi dan mengandung penyakit.

“Kalau mereka sakit kita akan berikan tanda berupa kalung dan kita berikan vitamin, dan akan terus dipantau. Jika sudah dinyatakan sehat maka kalung dilepas,” tuturnya.

Abduh menambahkan, sapi yang berada di Kota Tangerang berasal dari berbagai wilayah, diantaranya Jawa Timur dan Nusa Tenggara. Meski begitu, hingga kini belum ditemukan sapi yang memiliki penyakit berbahaya.

“Sampai saat ini belum ada penyakit diwaspadai. Kalau memang ada sapi yang dari sananya bukan berasal dari peternakan, tapi dilepas liarkan, itu pengawasan lebih intensif,” jelasnya.(ydh)

Komentar Anda

comments