DKPPP Depok Sebar Pemeriksa Hewan Kurban

oleh -
Hewan kurban sehat dipasangi PIN oleh petugas DKPPP. Foto: Kominfo

Palapanews.com- Jelang perayaan Iduladha, berbagai persiapan dilakukan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok. Salah satunya, menerjunkan petugas untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban.

“Bulan Juni lalu peternak sudah melakukan vaksin antraks kepada hewan kurbannya masing-masing. Pertengahan bulan ini, giliran DKPPP yang akan turun ke lapangan guna melakukan pendataan,” ujar Kepala DKPPP Kota Depok, Diah Sadiah.

Selain memeriksa surat keterangan kesehatan hewan dari daerah asal, lanjut Diah, pihaknya akan melakukan sosialisasi tentang teknis dan manajemen penjualan hewan yang baik. Semua sesuai dengan teknis kesehatan hewan dan lingkungan.

“Diprediksi untuk jumlah lapak sekitar 400, sama seperti tahun lalu. Untuk jumlah pastinya, kami belum mendapat laporan. Yang jelas langkah pertama kami akan mendata minggu ini atau minggu depan,” jelasnya.

Dirinya juga meminta peran serta pihak terkait untuk membantu DKPPP dalam melakukan sosialisasi tentang hewan kurban yang sehat. Khususnya kepada pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), kecamatan dan kelurahan untuk bisa melakukan pembinaan terhadap para pedagang hewan kurban.

“Mudah-mudahan peran serta seluruh pihak, bisa mewujudkan penyelenggaraan pemotongan hewan kurban sesuai aturan yang berlaku,” tutupnya. (kom)

Komentar Anda

comments