5 Makanan Ini Tidak Manis, Tapi Kandungan Gulanya Tinggi

oleh -
Ilustrasi. Foto: Hellosehat.com

Palapanews.com- Batas asupan gula harian yang direkomendasikan oleh American Heart Association bagi wanita adalah 25 gram gula atau tidak lebih dari 6 sendok teh gula, sedangkan untuk pria adalah 38 gram atau tidak lebih dari 9 sendok.

Tapi, jangan terlalu senang jika pagi ini Anda merasa hanya menuangkan tiga sendok teh gula. Kenyataannya, banyak makanan yang tidak manis tapi ternyata memiliki kandungan gula tinggi. Apa saja makanan tinggi gula yang tidak terasa manis? Berikut informasinya.

1. Yogurt rendah lemak
Yogurt sering kali diberikan label makanan sehat oleh banyak orang. Namun ternyata hal ini sangat tergantung pada jenis yogurt yang Anda pilih. Faktanya, yogurt rendah lemak memiliki kandungan gula yang tidak sedikit. Gula ini ditambahkan untuk meningkatkan cita rasa yogurt.

Satu cangkir yogurt rendah lemak mengandung gula hingga 47 gram atau setara dengan 12 sendok teh gula dan ini melebihi batas harian gula yang harus dikonsumsi. Jika Anda ingin mengonsumsi yogurt, pastikan Anda memilih greek yogurt ataupun plain yogurt yang tidak ditambahkan rasa buah. Hindari yogurt yang ditambahkan dengan toping manis.

2. Saus tomat dan saus sambal
Tidak percaya jika bumbu pedas ini memiliki kandungan gula? Perlu Anda tahu bahwa semua saus yang dijual di minimarket atau pasar dekat rumah Anda mengandung gula alami terutama yang dibuat dengan tomat. Belum lagi gula tambahan yang dimasukkan ke dalam saus. Jadi meskipun pedas, saus tetap memiliki kandungan gula. Dua sendok saus seperti yang dilansir di Reader’s Digest setara dengan 16 gram gula.

Cara terbaik jika Anda ingin menambahkan rasa pedas ke dalam makanan adalah dengan membuat sambal sendiri. Namun, jika Anda harus membeli saus, periksa kembali daftar bahan yang ada di label kemasan. Pastikan tidak ada kandungan gula yang di luar batas aman.

Bahkan saus barbeque memiliki berat kandungan gula sebesar 40 persen. Kandungan gula yang ada di label kemasan saus biasanya bertuliskan sirup jagung. Jadi saus meskipun pedas bisa masuk ke dalam makanan tinggi gula.

3. Sereal granola
Anda kaget jika granola yang dicap sehat ini mengandung tinggi gula? Kenyataannya dalam 100 gram granola mengandung kalori sebesar 400 kkal atau setara dengan enam atau lebih sendok teh gula. Sebenarnya, bahan utama yang ada di dalam granola adalah gandum. Gandum biasa memang baik karena mengandung nutrisi seimbang seperti karbohidrat, protein, lemak dan serat.

Namun, gandum yang ada di dalam granola sering kali sudah “dimodifikasi” dengan kacang-kacangan, madu, atau pemanis tambahan lainnya yang justru bisa meningkatkan jumlah kalori dan gula. Karena hal ini granola seperti menjadi makanan tinggi gula.

Jika granola adalah salah satu makanan favorit Anda, pilihlah yang mengandung sedikit gula. Anda juga bisa menambahkan granola sebagai topping dibandingkan Anda menuangkan semua granola ke dalam mangkok sarapan Anda.

4. Snack bar
Banyak jenis snack sehat berbentuk batangan mengklaim diri sebagai camilan sehat dan rendah gula. Padahal, seperti yang dilansir dari Health Line, pada beberapa snack bar, kandungan gulanya bahkan bisa mencapai 30 gram, hampir sama dengan permen batangan.

Lalu bagaimana yang berlabel rendah lemak atau reduced/low fat? Sebagian besar label tidak mencerminkan isi. Bahkan, ada bar impor yang ditempeli info gizi dalam bahasa lokal namun keterangannya jauh berbeda dari info gizi asli. Jika Anda ingin membeli snack bar, pastikan kandungan gulanya di bawah 10 gram agar camilan sehat ini tidak masuk ke dalam kategori makanan tinggi gula.

5. Sup kalengan
Sup kaleng yang dibuat dengan bahan dasar segar ini, biasanya menjadi pilihan tepat untuk meningkatkan konsumsi sayuran tanpa banyak usaha. Sayuran dalam sup secara alami memang mengandung gula, tapi jumlahnya sedikit dibandingkan dengan kandungan nutrisi lainnya.

Namun, akan berbeda cerita jika Anda membeli sup kaleng. Kandungan gula di dalamnya sering kali ditambahkan untuk keperluan komersil. Satu kaleng sup memiliki kandungan gula sebesar 15 gram. Jika Anda menemukan kandungan seperti sukrosa, sirup jagung, fruktosa tinggi, barley malt, dekstrosa, maltosa dan sirup lainnya. Itu berarti sup kaleng Anda mengandung tinggi gula. (*)

Sumber: Hellosehat.com

Komentar Anda

comments