Ini Beragam Penyebab Maag Akut

oleh -
Ilustrasi. Foto: Hellosehat.com

Palapanews.com- Maag adalah sebuah istilah yang sering dipakai untuk menunjukkan berbagai macam keluhan yang menyerang sistem pencernaan. Maka itu, penyebutan maag sebagai penyakit sebenarnya tidak ada. Pasalnya, maag lebih merujuk pada kemunculan beragam gejala yang menandakan suatu penyakit.

Ada beberapa jenis penyakit yang bisa ditandai dengan munculnya maag. Mulai dari GERD atau refluks asam lambung, peradangan lambung (gastritis), tukak lambung, irritable bowel syndrome (IBS), hingga infeksi.

Jadi, ketika Anda merasakan berbagai gejala maag, bisa jadi berbagai penyakit tersebutlah yang sebenarnya sedang menyerang. Jika maag sedang dialami sekarang-sekarang ini dan gejalanya tidak terdeteksi sejak dulu, artinya Anda mengalami maag akut.

Dari berbagai penyakit penyebab maag yang disebutkan sebelumnya, hanya gastritis atau radang lambung yang terbagi menjadi kategori akut dan kronis. Maag akut maupun kronis yang Anda alami bisa dipicu dari gastritis ini.

Itu sebabnya, obat maag akut nantinya akan diberikan tergantung dari penyebab awalnya. Berbeda dengan gastritis kronis yang dapat berlangsung dalam waktu lama dengan gejala yang bisa kambuh sewaktu-waktu, gastritis akut tidak demikian.

Peradangan pada gastritis akut biasanya hanya berlangsung sebentar, tapi dengan tingkat keparahan nyeri yang cukup parah dan terjadi secara tiba-tiba. Kondisi inilah yang nantinya berpengaruh pada tingkat keparahan sakit maag. Maag akut yang disebabkan oleh gastritis akut biasanya terasa lebih nyeri atau sakit ketimbang maag kronis.

Apa penyebab maag akut?
Penyebab maag akut yang diawali oleh gastritis ini terjadi ketika lapisan lambung melemah. Akibatnya, peningkatan kadar asam bisa dengan mudah mengiritasi lapisan lambung.

Berdasarkan penyebab ini, nantinya dapat ditentukan obat yang tepat untuk mengatasi maag akut karena gastritis. Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan gastritis akut hingga kemudian menimbulkan maag, seperti:

1. Konsumsi obat-obatan dalam jangka waktu lama
Penggunaan obat non-steroid anti-inflamasi (NSAID) dalam waktu yang cukup lama bisa menyebabkan iritasi pada lambung.

Alhasil, timbullah gastritis akut yang menjadi penyebab maag. Contoh obat NSAID meliputi aspirin, ibuprofen, dan naproxen.

2. Serangan infeksi
Hampir serupa dengan maag kronis, maag akut karena gastritis juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri Heliobacter pylori (H. pylori). Namun selain itu, virus, jamur, parasit, cacing, serta penyakit TBC dan sipilis juga bisa memicu terjadinya infeksi.

3. Minum alkohol terlalu sering dan banyak
Terlalu banyak bahkan sering minum alkohol bisa mengakibatkan lambung terluka, yang pada akhirnya menimbulkan gastritis akut. Kondisi inilah yang nantinya membuat Anda berisiko mengalami maag akut.

4. Alergi makanan
Masalah pada makanan seperti alergi, keracunan, maupun intoleransi, dapat memicu peradangan dan iritasi pada lambung. Pada akhirnya, timbullah gastritis akut yang bisa mengakibatkan maag.

5. Cairan empedu masuk ke lambung
Zat empedu yang dihasilkan oleh kantung empedu bisa keluar dan masuk ke dalam lambung. Alhasil, lapisan lambung mengalami iritasi, sehingga kemudian menimbulkan gastritis akut dan mengarah pada maag.

Sumber: Hellosehat.com

Komentar Anda

comments