Bawa Bendera Kuning, Ratusan Warga Rengas Geruduk PN Tangerang

oleh -

Palapanews.com- Ratusan warga Desa Rawa Rengas, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, menggelar unjuk rasa di depan Pengadilan Negeri (PN) Klas 1 A Tangerang.

Kedatangan mereka membawa bendera warna kuning melambangkan protes warga atas matinya pemerintah yang tidak berpihak pada kepentingan masyarakat.

“Kami datang ke PN sebagai protes warga atas matinya pemerintah yang tidak berpihak pada kepentingan masyarakat. Kami menuntut pembayaran ganti lahan pembangunan runway 3 Bandara Soekarno-Hatta atas ganti rugi melalui proses konsinyasi yang dititipkan di PN,” ujar juru bicara warga Jamaludin di depan PN Tangerang, Senin, 1 Juli 2019.

Selain itu, ratusan warga tersebut mempertanyakan surat teguran (Aanmaning) untuk dilakukan pengosongan lahan pembangunan runway 3 Bandara Soekarno-Hatta.

“Kami meminta pihak PN menjelaskan apa yang maksudnya surat yang dikirimkan kepada warga,” jelas Jamaludin.

Aksi yang semula berjalan dengan tertib dan damai berubah menjadi sling dorong hingga merusak pagar PN Tangerang. Namun, hal tersebut tidak berlangsung lama, setelah pihak kepolisian dengan sigap mengantisipasinya.

Diketahui, ratusan warga Desa Rawarengas hingga kini masih bertahan di lokasi penggusuran karena belum menerima ganti rugi atas bidang tanah dan rumah mereka yang tergusur proyek perluasan Bandara Soekarno-Hatta tersebut. Seperti di RW 15, saat ini 145 kepala keluarga atau 750 jiwa masih bertahan.

Belakangan diketahui jika lahan yang mereka tempati tersebut berstatus sengketa karena diklaim beberapa warga. Alhasil, uang ganti rugi mereka tertahan karena dikonsinyasi atau dititipkan ke Pengadilan Negeri Tangerang.(rik)

Komentar Anda

comments