Banyak Ruang Kelas Hancur di SDN Rawa Buntu 3

oleh -
Rusak, ruang kelas di SDN Rawa Buntu 3. Foto: Nad

Palapanews.com- Kegiatan belajar mengajar (KBM) murid SDN Rawa Buntu 3 yang berlokasi di Jalan Ciater Raya, Serpong, Tangerang Selatan, diselimuti kekhawatiran. Betapa tidak, bangunan tiga lantai yang mereka tempati amat tidak layak dan rawan ambruk.

Pantauan di lokasi, setidaknya terdapat 6 ruangan kelas dan 1 ruangan serba guna serta kamar mandi di lantai 3 gedung SDN Rawa Buntu 03 yang diselimuti debu. Keramik dan lorongnya pun terlihat sudah tidak rata, bahkan beberapa di antaranya sudah pecah.

Karena tidak layak pakai, dari 3 lantai yang berdiri, hanya lantai 1 dan 2 yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Bahkan tumpukan kursinya pun terlihat berantakan.

Yang lebih miris lagi, terdapat satu ruang kelas atapnya sudah ambruk, kerangka besi-besi penyangga atap juga sudah hancur. Bahkan ketika berada di lantai 3, gedung tersebut seperti goyang.

Diketahui bangunan atau kelas tersebut sudah hancur sejak 2015 lalu, meski sempat mengalami renovasi ringan. Melihat itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Bangunan dan Penataan Ruang Tangsel seakan menutup mata perihal kondisi gedung di SDN Rawa Buntu 03.

Salah seorang wali murid SDN Rawa Buntu 03, Ade merasa khawatir jika kelas atau ruangan tersebut tidak segera diperbaiki. Meski saat ini, para siswa dilarang untuk menaiki lantai 3.

“Kalau khawatir pasti mas. Anak saya sekarang di sini naik ke kelas 2, kalau begini terus khawatir. Anak saya kan kelasnya di lantai 1,” ujar Ade ketika ditemui di SDN Rawa Buntu 03, Rabu (19/6/2019).

Sementara Kepala SDN Rawa Buntu 03 Endang Supriyatna mengatakan gedung SDN 3 Rawa Buntu sudah dilakukan pemeriksaan oleh Inspektorat.

“Inspektorat sudah kesini, menanyakan apa saja yang rusak dan sudah memfoto-foto kerusakannya apa saja,” ucap Endang.

Lanjutnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel pun sudah langsung berkordinasi dengan pihak sekolah maupun Dinas Bangunan dan Penataan Ruang untuk segera memperbaiki kerusakan.

“Pak Kadis Pendidikan sudah menelfon. Katanya mingggu ini dalam waktu dekat Dinas Pendidikan dan Dinas Bangunan mau ke sekolah,” tambahnya.

Padahal menurut Endang, Dinas Bangunan dan Penataan Ruang Tangsel sudah mendatangi sekolah periode Januari-Februari untuk melakukan renovasi. Namun, kenyataannya belum terlaksana hingga saat ini.

Endang pun, hanya berharap sekolahnya dapat segera diperbaiki melihat kondisinya sangat memperihatinkan.

“Harapan saya sekolah itu layak pakai, sekarang sudah layak tapi mengerikan. Dulu sempat dipakai selama hampir satu tahun dipakai untuk kegiatan seperti sanlat, tapi keramiknya menguap jadi kalo keinjek pecah,” ujar Endang.

Pihaknya berharap bangunan secepatnya diperbaiki, agar siswa mengikuti KBM-nya berjalan lancar, aman nyaman dan sesuai dengan harapan masyarakat.

Saat ini SD Negeri Rawa Buntu 03 memiliki 986 murid dengan 30 ruangan kelas. Pada gedung bercat kuning pucat ini, digunakan oleh murid kelas 1 sampai kelas 4. Sedangkan kelas 5 dan 6 serta ruang guru berada di gedung lama. (nad)

Komentar Anda

comments