Ini Program Madrasah Aliyah 4.0 Kerjasama XL Axiata – Kemenag RI

oleh -
Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini (berhijab) foto : istimewa

Palapanews.com- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (Kemenag) telah menjalin kerja sama mengembangkan pendidikan berbasis digital di Madrasah Aliyah (MA). Program ini bakal menjangkau sedikitnya 400 MA di seluruh Indonesia.

“Kami menyambut baik kerjasama dengan Kementerian Agama ini karena kami sama-sama memiliki keperdulian yang tinggi pada peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, terutama pendidikan berbasis digital,” ungkap Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini, di Jakarta Jum’at (24/05/2019).

Dalam kerjasama ini, diantaranya; XL Axiata akan memberikan pelatihan pengembangan soft skills dan pemanfaatan teknologi digital kepada para siswa Madrasah Aliyah. Sehingga akan dapat membantu program Kementerian Agama dalam mewujudkan visi Madrasah Goes Digital sebagai persiapan era revolusi Industri 4.0.

Tidak ketinggalan, untuk program ini XL Axiata juga mendistribusikan secara bertahap bantuan akses internet cepat ke semua 400 Madrasah Aliyah tersebut. Bantuan yang termasuk dalam Gerakan Donasi Kuota ini berupa fasilitas akses internet cepat lengkap dengan perangkat router dan kuota sebesar 20GB per bulan selama satu tahun.

Selain itu, juga diselenggarakan program pelatihan berbasis digital bagi siswa antara lain Madrasah 4.0 Ramadan Boot Camp dan Vlog Competition Madrasah Aliyah. Karyawan XL Axiata juga akan ikut terlibat sebagai pengajar untuk sejumlah materi di dalam program pelatihan ini.

Sementara itu pada Madrasah Aliyah 4.0 Ramadan Boot Camp rencananya akan diselenggarakan 10-12 Juli 2019. Para siswa yang mengikuti akan mendapatkan pelatihan mengenai bagaimana berpikir secara kreatif dan kritis, solusi digital, public speaking yang efektif, media sosial yang menginspirasi, tim kerja digital, menjadi SDM juara, dan berbagai materi tentang kepemimpinan.

Ada juga Vlog Competition Madrasah Aliyah terbuka bagi Madrasah Aliyah secara nasional. Managemen XL Axiata akan menjadi panelis untuk para finalis dan juga Handphone beserta paket internet Axis bagi para pemenang.

Direktur Kurikulum Sarana dan Prasarana Kelembagaan dan Kesiswaan, Kementerian Agama Republik Indonesia, Dr. H. A. Umar, MA bersama Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini secara simbolis meluncurkan program pendidikan berbasis digital di MA pada Jumat 24 Mei 2019. (rls/bd)

Komentar Anda

comments