Jelang Mudik, DPRD Tangsel Minta Seluruh PO Bus Diperiksa

oleh -
Petugas saat memeriksa kelayakan bus. Foto: Dok

Palapanews.com- Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meminta pemerintah daerah setempat melakukan persiapan jelang mudik hari besar keagamaan, Idul Fitri. Salah satunya, memeriksa seluruh Perusahaan Oto (PO) Bus yang ada di kota tersebut.

“Kami minta Dishub (Dinas Perhubungan) untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh armada bus yang akan digunakan untuk mudik. Ini dilakukan untuk memastikan keselamatan para pemudik,” kata Ketua Komisi IV DPRD Kota Tangsel, Sukarya.

Terlebih sebagai kota urban, menurutnya sebagian besar masyarakat Kota Tangsel bakal melakukan mudik lebaran. Kata dia, tak sedikit pula dari para pemudik ini yang mengandalkan bus sebagai sarana transportasi.

“Kita harus benar-benar pikirkan keselamatan warga kita pada saat perjalanan mudik mereka. Semua transportasi yang mereka tumpangi itu harus benar-benar layak,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, Dishub pun harus berani bertindak tegas jika menemukan bus-bus yang tidak layak pakai, tapi tetap dipaksakan untuk jalan pada saat mudik nanti.

“Kalau ada bus tidak layak, berhentikan saja, jangan diberi izin lagi. Artinya kita harus tegas demi keselamatan warga kita,” pungkasnya. (jok)

Komentar Anda

comments