BI Banten Siapkan Rp21 Miliar untuk Penukaran Uang

oleh -
Seorang ASN menukar uang di gerai resmi penukaran uang di Pondok Aren. Foto: Ist

Palapanews.com- Jelang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah, Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Banten menyiapkan uang recehan senilai Rp21 miliar lebih. Uang recehan yang disiapkan ini didominasi pecahan Rp5.000.

“Penukaran dibatasi per orang dua juta dua ratus ribu rupiah saja,” ungkap Pjs Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Banten, Erry P Suryanto di Kecamatan Pondok Aren, Selasa (21/5/2019).

Dirinya juga mengimbau masyarakat agar waspada jika ada pihak di luar perusahaan perbankan melayani penukaran uang lebaran.

“Kalau di luar bank-bank itu namanya jasa calo dan nilai tukarnya tentu lebih mahal. Belum lagi aslian lembaran kertas uangnya tidak dijamin,” ujar Erry.

Menurutnya, perusahaan jasa perbankan yang melayani penukaran uang lebaran tidak mengambil keuntungan sepeser pun. Sedangkan mayoritas uang tukaran lebaran yang telah didistribusikan di Banten adalah pecahan Rp5 ribuan.

“Dengan alasannya permintaan masyarakat untuk menukarkan nominal tersebut lebih banyak. Tapi kita akan lihat dan evaluasi. Karena ini tahun kedua BI Banten melayani penukaran uang lebaran,” bebernya. (nad)

Komentar Anda

comments