7 Makanan dan Buah untuk Kesehatan Mata

oleh -

Palapanews.com- Sering berada di depan layar komputer atau terlalu lama menatap smartphone Anda? Hati-hati! Itu bisa menurunkan daya penglihatan Anda, lho! Sering terkena radiasi cahaya, terutama dari elektronik membuat mata menjadi kering yang akan mengakibatkan mata perih. Jika merasakan gejalanya, segera atasi dengan makanan dan buah untuk kesehatan mata, seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Makanan untuk Menyehatkan Mata

Dikutip dari DokterSehat, untuk memaksimalkan fungsi mata, ada 7 makanan dan buah untuk kesehatan mata yang bisa Anda coba sehari-hari di rumah maupun di tempat kerja:

1. Jeruk
Buah untuk kesehatan mata yang pertama adalah buah jeruk yang mengandung vitamin C, merupakan kunci untuk kesehatan mata. Vitamin yang ditemukan terutama dalam buah-buahan dan sayuran segar, bermanfaat pada pembuluh darah yang nenyehatkan mata.

Bahkan vitamin C dapat memerangi perkembangan katarak, dan bila dikombinasikan dengan nutrisi lainnya dapat mengatasi degenerasi makula terkait usia – penurunan penglihatan.

2. Buah naga
Buah untuk kesehatan mata yang satu ini memiliki bentuk dan warna yang unik, berkulit merah muda dan memiliki sisik besar berwarna hijau cerah. Buah naga adalah keluarga dari tanaman kaktus yan paling berwarna dari keluarga kaktus karena warna daging buahnya berwarna merah dan putih. Ini mengandung banyak vitamin C, yang membantu menyehatkan dan melindungi kornea mata.

3. Srikaya
Buah ini memiliki rasa yang manis dan bertekstrur lembut. Selain vitamin C dan B, buah srikaya juga mengandung kalium. Penelitian menunjukkan makanan kaya kalium ini membantu mengurangi kelebihan cairan di bawah kulit yang menyebabkan mata bengkak.

4. Manggis
Sama seperti jeruk, daging buah untuk kesehatan mata ini dapat dipisahkan menjadi beberapa bagian. Nutrisi yang terkandung termasuk vitamin B kompleks, yang tampaknya mengurangi risiko degenerasi makula di kalangan wanita, menurut sebuah studi baru-baru ini.

5. Nangka
Memiliki kulit yang berduri, buah nangka juga kaya akan vitamin C. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet yang kaya akan vitamin C dapat mengurangi risiko katarak dan kehilangan penglihatan karena degenerasi makula.

6. Paprika merah
Makanan untuk kesehatan mata ini memberi Anda banyak vitamin C per kalori. Itu bagus untuk pembuluh darah di mata, dan sains menunjukkan bahwa hal tersebut bisa menurunkan risiko terkena katarak. Vitamin C ditemukan di banyak sayuran dan buah-buahan, termasuk bok choy, kembang kol, pepaya, dan stroberi. Namun bila dimasak telalu panas, akan memecah vitamin C, jadi menikmatinya selagi mentah lebih baik. Paprika berwarna cerah juga mengandung vitamin A dan E yang baik untuk mata.

7. Biji bunga matahari
Sebanyak 1 ons biji-bijian seperti, biji bunga matahari atau kacang almond memiliki setengah dari jumlah vitamin E yang dianjurkan United State Department of Agricultural (USDA) untuk orang dewasa setiap hari.

Sebuah studi besar menemukan bahwa vitamin E, bersama dengan nutrisi lainnya dapat membantu memperlambat degenerasi makula terkait usia Age-related Macular Degeneration (AMD) agar tidak bertambah parah. Makanan untuk kesehatan mata ini juga bisa membantu mencegah katarak. Kacang lainnya seperti hazelnut, kacang polong, dan selai kacang juga merupakan sumber vitamin E. (red)

Komentar Anda

comments