Pengadaan Tanah Tol Serpong-Kunciran, Pemerintah Gelontorkan Rp3,4 Triliun

oleh -
Peninjauan lokasi proyek Tol Kunciran Serpong. Foto: Dok

Palapanews.com- Pemerintah telah mengeluarkan Rp3,4 triliun untuk pengadaan tanah ruas tol Kunciran-Serpong sepanjang 11,2 Kilometer. Ruas tol ini, merupakan bagian dari jaringan JORR 2 yang akan menghubungkan Bandara Soekarno-Hatta hingga Cibitung.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Agraria, Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Provinsi Banten, Andi Tenri Abeng dalam penyerahan hasil pengadaan tanah jalan tol Kunciran-Serpong di Kantor ATR/BPN Tangerang Selatan (Tangsel), Jumat (10/5/2019) sore.

“Untuk ruas yang melewati Kota Tangsel, telah selesai dengan anggaran Rp3,4 Triliun,” ungkapnya.

Lanjutnya, jaringan jalan tol diruas ini berfungsi memecah lalu lintas yang menumpuk di dalam Kota Jakarta, maupun di JORR.

“Jalan tol ini juga akan terhubung dengan Jalan Tol Jakarta-Tangerang, Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran (dalam proses pembebasan lahan), Jalan Tol Jakarta-Serpong, serta Jalan Tol Serpong-Cinere,” jelasnya.

Sedangkan Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany yang turut hadir dalam acara tersebut membeberkan dinamika pembebasan lahan yang sangat rumit.

“Secata fisik telah selesai diatas 60 persen. Dengan selesainya Tol Kunciran-Serpong diharapkan bisa memberikan nilai ekonomis dan manfaat yang sangat besar, sehingga bisa memberikan informasi yang sangat banyak bagi masyarakat,” ujarnya. (nad)

Komentar Anda

comments