Bawaslu Tangerang Minta KPU Gelar PSU di 22 TPS

oleh -

Palapanews.com- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang merekomendasikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melakukan pemungutan suara ulang (PSU) pada 22 tempat pemungutan suara (TPS).

Rekomendasi PSU itu dilakukan karena terdapat beberapa hal temuan di lapangan dan masukan dari masyarakat terkait pengawasan selama aktivitas pencoblosan kemarin.

“Hari ini, secara resmi kita tuntaskan hal-hal kegiatan pengawasan kita pada 17 April terkait pemilu serentak. Yang kita catat dan dikaji dari beberapa persoalan itu yang harus kita dorong KPU untuk ditindaklanjut PSU. Untuk PSU ini ada 22 TPS dari 6 kecamatan di Kota Tangerang,” ujar Ketua Bawaslu Kota Tangerang Agus Muslim, Senin, 22 April 2019.

Sebelumnya, Bawaslu menyebutkan terdapat 10 TPS yang akan dilakukan PSU. Namun setelah mengkaji secara detail berdasarkan serangkaian pelanggaran yang ada, Bawaslu secara resmi merekomendasikan kepada KPU untuk melakukan PSU di 22 TPS yang tersebar di Kota Tangerang.

Agus menambahkan, rekomendasi PSU ini pula mesti ditindaklanjut oleh KPU dengan segera. KPU, lanjutnya, memiliki keputusan untuk menggelar PSU dan menentukan waktu penyelenggaraannya.

“Waktunya secepatnya lebih bagus agar masyarakat tidak dirugikan. Kita sarankan yang terpenting kesiapan KPU yang maksimal,” katanya.

Agus menuturkan, lokasi 22 TPS itu berasal dari enam kecamatan diantaranya Kecamatan Benda, Cipondoh, Larangan, Jatiuwung, Cibodas dan Karawaci. “Paling banyak di Kecamatan Cibodas,” ucapnya.

Agus merinci, Kecamatan Benda berada di TPS 07 Kelurahan Jurumudi. Untuk Cipondoh berada di TPS 48 Kelurahan Cipondoh Indah. Sementara Larangan di TPS 04 Kelurahan Larangan Indah.

Adapun Jatiuwung berada di TPS 14 Kelurahan Manis Jaya dan TPS 49 Kelurahan Gandasari. Sedangkan Karawaci berada di TPS 10 Kelurahan Cimone dan TPS 26 Kelurahan Koang Jaya.

Kecamatan yang mendominasi yaitu Cibodas berada di TPS 31 Kelurahan Jatiuwung dan TPS 02, 04, 09, 14, 21, 24, 31, 37, 54, 56, 60, 61, 70 Kelurahan Uwung Jaya, serta TPS 50 Kelurahan Panunggangan Barat.

“Pelanggarannya ada beberapa varian. Kami minta KPU untuk segera menindaklanjuti rekomendasi ini,” katanya.(rik)

Komentar Anda

comments