Tangsel Punya 49 TPS 3R, Tapi Cuma 13 yang Aktif

oleh -
Peresmian TPS 3R di Kelurahan Rengas, Ciputat Timur, Tangsel. Foto: Ist

Palapanews.com- Keberadaan Tempat Pembuangan Sampah Reduce, Reuse dan Recycle (TPS 3R) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terus bertambah. Sayangnya, puluhan TPS 3R ini hanya dibentuk saja, tidak dikelola dengan baik.

“Saat ini terdapat 49 TPS3R yang tersebar di seluruh Kota Tangsel,” kata Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany saat meresmikan TPS 3R di RW 09 Kelurahan Rengas, Kecamatan Ciputat Timur, Jumat (12/4/2019).

Diketahui, dari 49 TPS 3R yang tersebar di seluruh Kota perdagangan dan jasa ini, saat ini cuma 13 TPS 3R saja yang aktif dan dikelola secara profesional.

“Perlu ada penguatan pengurus TPS 3R dengan sering melakukan koordinasi secara intern dan ekternal melalui dinas terkait. Penguatan pengurus TPS 3R ini diharapkan dapat memaksimalkan kinerjanya, sehingga penanganan sampah dapat dilakukan dengan maksimal,” kata Airin.

Persoalan sampah di Kota Tangsel, menurut Airin, masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah daerah. Bahkan, diakuinya Kota Tangsel bersama dengan sejumlah daerah lain sudah darurat sampah. Untuk itu, Pemkot Tangsel meminta bantuan pemerintah pusat untuk membantu menanganinya.

“Alhamdulillah pemerintah pusat mau membantu dengan mengeluarkan Perpres untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (TPSa),” ucapnya. (hms/one)

Komentar Anda

comments