Kepala Damkar Tangsel Klarifikasi Soal Anggotanya Minta Duit ke Korban Kebakaran

oleh -

Palapanews.com- Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Uci Sanusi melakukan klarifikasi kepada awak media terkait ada anggotanya yang meminta uang ngopi kepada korban kebakaran yang terjadi Jalan Murai 2, Serua Indah, Ciputat, Senin (25/3/2019) kemarin.

Dirinya mengatakan bahwa itu merupakan rasa ucapan terima kasih dari warga karena sudah memadamkan si jago merah yang melahap kawasan rongsokan.

“Ada kesalahpahaman. Tadi anggota membantah informasi minta uang. Mereka (petugas damkar) juga udah dapat insentif. Mungkin itu sebagai ucapan terima kasih warga saja. Petugas Damkar Tangsel dilarang memungut uang kepada para korban kebakaran dan itu selalu ditegaskan pada saat apel internal,” bebernya.

Uci mengaku bila anak buahnya sempat menerima pasokan air mineral. Pemberian itu diterima saat memadamkan api yang meludeskan sekitar puluhan bangunan lapak pengepul barang bekas.

“Aqua itu sumbangan dari lurah. Jadi saya sudah tegaskan bahwa pelayanan kita gratis,” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua RT 006, Osad Saipulah Mahdar mengatakan, uang tersebut hanya sekedar untuk ngopi-ngopi dan sudah diberikan menggunakan uang kas RT.

“Dari pemadamnya tadi ke sini. Itu juga serelanya ngasih. Saya bilang berapa, katanya sih buat beli kopi. Itu juga pak Lurah yang beliin minuman saya juga enggak sempat,” ucap Osad.

Kemudian, salah satu korban yang enggan disebutkan namanya juga mengatakan, setelah terjadi kebakaran dirinya dikumpulkan di rumah Ketua RT 006 dan dimintai uang sebesar Rp500 ribu.

“Tadi dikumpulkan di rumah RT, terus dimintain duit Rp 500 ribu. Saya marah-marah, punya duit dari mana. Barang-barang aja hangus semua, pakaian yang sisa cuman yang ada di badan aja gimana mau ngasih duit,” papar salah satu korban. (nad)

Komentar Anda

comments