Dirjen Aptika Kominfo Tinjau Command Center BSD City

oleh -
Dirjen Aptika Kominfo Samuel Arbijani (kanan) meninjau command center kawasan BSD City. Foto: Ist

Palapanews.com- Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Kominfo Samuel Abrijani meninjau command center atau ruang pusat kendali di Kawasan BSD City, Jumat (22/3/2019) lalu. Ia didampingi Corporate Communications & Public Affair Division Head Sinar Mas Land Panji Himawan dan Chief Technology Officer Sinar Mas Land Irvan Yasni.

Kunjungan ini sebagai bagian dari sosialisasi gerakan menuju 100 Smart City, yakni sebuah program pemerintah yang dijalankan sejak 2017 hingga 2019 untuk membimbing 100 kota atau kabupaten.

Menurut Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Samuel Abrijani, konsep Smart City bukan hanya dengan memasang wi-fi, namun melayani masyarakat yang lebih baik lagi.

“Implementasi Smart City memang belum merata di Indonesia. Oleh sebab itu pihaknya berharap 100 kota Smart City itu bisa menjadi contoh kota-kota lainnya untuk berani mewujudkan solusi Smart City di kotanya,” ujarnya.

Sementara Corporate Communications & Public Affair Division Head SML Panji Himawan mengatakan, hadirnya fasilitas command center di kawasan BSD City, sebagai bentuk transformasi untuk menjadi integrated smart digital city.

Ruangan pusat kendali yang terdapat di salah satu gedung di kawasan BSD ini diketahui fungsinya untuk mengatur lalu lintas, keamanan, dan transportasi bus yang beroperasi di wilayahnya.

“Transformasi ini telah dimulai dengan pengembangan kawasan Digital Hub sebagai ekosistem digital yang menjadi Silicon Valley Indonesia dan dipersembahkan khusus untuk menunjang operasional dan aktivitas keseharian perusahaan teknologi dan digital,” jelasnya.

Lebih umum, BSD City juga ditunjang sistem, fasilitas, serta infrastruktur teknologi dan digital untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan kegiatan sehari-harinya. Untuk menjamin perkembangan smart city yang konsisten, BSD City ditunjang oleh One Smart Services yang menyediakan layanan infrastruktur digital.

“One Smart Services menghadirkan pelayanan cloud kelas dunia dan penyediaan aplikasi mobile yang terintegrasi dan dapat diakses seluruh masyarakat BSD City. Selain itu mengembangkan infrastruktur jaringan fiber optik yang memperkuat keunggulan BSD City karena didukung akses internet dan kecepatan pengiriman data, high resiliencies fiber backbone, keterbukaan akses untuk fleksibilitas,” ungkapnya. (nad)

Komentar Anda

comments