Henry Subiakto : Masyarakat Diimbau Belajar Gunakan Ruang Digital

oleh -
Henry Subiakto saat meyampaikan sambutan di acara Comnews . foto ; ist

Palapanews.com – Henry Subiakto, Staf Ahli Kementerian Komunikasi dan Informatika bidang Hukum Henry Subiakto menghimbau semua masyarakat membuka diri untuk belajar menggunakan ruang digital.

Di Indonesia ini, lajut Henry, anak mudanya banyak. Dan mereka adalah generasi milenial yang memiliki cara dan kultur sendiri dalam memanfaatkan ruang digital. Mereka berkompetisi menunjukkan kreativitasnya.

Hal itu diungkapkan Henry di hadapan para mahasiswa UMN pada acara Comnews (Conference on Communication and News Media Studies) 2019 di Lecture Hall Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Rabu (13/03/209).

Terkait hal itu, Henry menyebutkan salah satu generasi milenial, Ria Ricis, yang kini dapat memproduksi konten sendiri melalui Youtube. Bahkan, akun tersebut bisa menjadi ajang beriklan.

Henry juga mengungkapkan bahwa sebagai negara yang besar, Pemerintah Indonesia sedang membangun infrastruktur Palapa Ring, yaitu fiber optik yang menghubungkan pulau-pulau besar di Indonesia. Sedangkan program untuk masuk ke daerah-daerah, bernama Universal Service Obligation (USO).

“Infrastruktur ini untuk menyatukan, jadi kayak high-way, jalan tol. Nanti data dan koneksi internet akan menjadi cepat sekali. Masyarakat Indonesia akan terkoneksi. Katakanlah menggunakan sinyal-sinyal digital untuk berkomunikasi, ketika secara teknis terkoneksi maka secara sosial dan ekonomi juga terkoneksi,” jelas Henry.

Menurutnya lagi, ketika teknologi conectivity muncul, maka akan muncul juga cultural conectivity dan economical conectivity,serta banyak persoalan yang akhirnya memunculkan perubahan-perubahan besar yang sering disebut sebagai Industrial Revolution 4.0. (rls/bd)

 

Komentar Anda

comments