RPJMD Pemkot Tangerang 2019-2023 Juga Bahas Soal Pengangguran

oleh -

Palapanews.com- Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang 2019-2013 difokuskan dalam penanganan tingkat pengangguran di Kota Tangerang.

Untuk saat ini, angka pengangguran di Kota Tangerang sebanyak 74.000 ribu di tahun 2018. Masalah pengangguran merupakan masalah klasik yang akan terus terjadi di tiap daerah.

Meski demikian, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berupaya secara maksimal untuk menekan angka pengangguran melalui berbagai program yang menyentuh langsung ke masyarakat.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah menerangkan, angka tertinggi pengangguran di Kota Tangerang adalah lulusan SMA, sehingga dibutuhkan langkah-langkah agar angka pengangguran bisa berkurang.

“Pemkot Tangerang akan membuat pelatihan-pelatihan sebagai nilai tambah bagi masyarakat untuk mendapat pekerjaan,” kata Walikota Tangerang.

Selain memberikan pelatihan kepada masyarakat, Pemerintah Kota Tangerang juga kerap melakukan Job Fair sebagai event tahunan. Tujuan digelarnya Job Fair yakni untuk memberikan kemudahan kepada pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bakat yang dimiliki.

“Para pencari kerja tinggal daftar di aplikasi Tangerang Live, nanti akan dapat urutan dan waktu untuk datang. Terus nanti tinggal scan barcode yang sudah didapat dari aplikasi di lokasi jobfair,” ungkap Walikota seraya menambahkan, Job Fair ini juga untuk membantu perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan.

“Sekarang Job Fair dibuat dimasing-masing kecamatan agar masyarakat lebih mudah untuk menjangkau lokasi Job Fair. Dan, lebih mengutamakan masyarakat Kota Tangerang,” terangnya.

Sementara itu, Pemerintah Kota Tangerang juga menggandeng para pelaku UMKM di Kota Tangerang untuk menambah semangat dan memotivasi para penggiat UMKM agar berkontribusi dalam peningkatan ekonomi di Kota Tangerang.

“Dengan berkembangnya UMKM di Kota Tangerang tentunya akan banyak lagi membuka lapangan pekerjaan. Sekarang sudah ada dua gerai pusat oleh-oleh di Kota Tangerang,” paparnya.(adv)

Komentar Anda

comments