Pendistribusian Surat Suara di Kota Tangerang Terlambat

oleh -

Palapanews.com- Pendistribusian surat suara di Kota Tangerang untuk pesta demokrasi yang akan berlangsung pada 17 April 2019, mengalami keterlambatan. Tak ada informasi terkait keterlambatan surat suara tersebut.

“Surat suara itu dari informasi yang kami peroleh seharusnya hari ini (Selasa) tiba, tapi ada perubahan jadwal menjadi esok tibanya. Kami belum tahu kenapa hal tersebut terjadi,” ujar Kepala Divisi Data KPU Kota Tangerang, Subhan di Kantor KPU Kota Tangerang, Selasa, 5 Maret 2019.

Namun, Subhan mengatakan, KPU Kota Tangerang telah melakukan distribusi logistik untuk Pilpres 2019 berupa kotak suara pada Minggu, 4 Maret 2019. KPU Kota Tangerang pun memiliki dua gudang penyimpanan kotak suara yang berada di wilayah Batuceper dan Larangan, Kota Tangerang.

“Kan kalau kotak suara itu dilipat juga jadi kemarin baru di distribusi. Kenapa kita siapkan dua gudang? karena untuk mengantisipasi kesalahan daerah pemilihan (Dapil). Jadi Dapil 1 untuk wilayah Barat dan Dapil 2 untuk wilayah Timur,” kata Subhan.

Sedangkan, untuk pelipatan surat suara dirinya belum dapat memastikan waktu pelaksanannya.

Dalam proses pelipatan surat suara, Subhan menjelaskan, akan melibatkan warga sekitar gudang penyimpanan untuk membantu proses pelipatan.

“Untuk pelipatan surat suara itu biasanya kita siapkan 200 orang tenaga pekerja di gudang satu, kemudian 200 di gudang kedua dengan pengawasan yang ketat dari petugas KPU,” jelasnya.

Dari data yang didapatkan, Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Tangerang berjumlah 1.194.190 yang terbagi dari 597.456 DPT berjenis kelamin laki-laki dan 596.734 perempuan. DPT tersebut pun tersebar di 13 kecamatan di Kota Tangerang dan 104 Kelurahan dengan total 5.102 TPS.(rik)

Komentar Anda

comments