Hadiri BBW, Menteri Susi: Tak Lulus SMA Jadi Menteri Karena Rajin Membaca

oleh -

Palapanews.com- Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti yang turut hadir dalam Pembukaan Bazar Buku terbesar di dunia, yakni Big Bad Wolf (BBW) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Kamis (28/2/2019).

Di hadapan para pelajar yang hadir, ia mengatakan, bisa menjadi Menteri berkat rajin membaca buku, meski dirinya tidak lulus SMA.

“Saya tidak lulus SMA, bisa jadi Menteri. Karena saya rajin membaca dan karena membaca membuat saya pintar. Buku membawa kita membuka lembaran-lembaran dunia dan membuka wawasan tentang pelosok-pelosok wilayah Indonesia,” tutur Susi.

Menurutnya, dengan 70 persen Indonesia yang merupakan laut, melalui buku semuanya bisa dipelajari.

“Kita bisa belajar semuanya. Jika tidak membaca, dari mana saya bisa duduk disini (jadi Menteri), mengerti bahasa-bahasa Inggris, Jerman dan Prancis,” tambahnya.

Susi turut berpesan kepada para pelajar untuk membaca buku minimal 1 buku sehari. Bahkan dirinya ingin, setiap desa di Indonesia mempunyai perpustakaan.

“Buku sangat penting untuk kita, adik-adik harus membaca buku minimal satu buku sehari. Nantinya, kita bisa bawa buku dengan menggunakan kapal laut untuk dikirim kepelosok Indonesia dan ada 100 TV untuk nonton di daerah-daerah, serta nanti ada buku-buku didalamnya. Saya berharap setiap desa di Indonesia punya perpustakaan,” beber Susi. (nad)

Komentar Anda

comments